oleh

Warga Desa Karangsari Sempu was-was jebolnya Plengsengan Sungai Besar

Foto : plengsengan jebol

Berita Jejakkasusnews.co.id

Banyuwangi, Sejumlah titik plengsengan di dusun Karang rejo Desa Karang sari Kecamatan Sempu dalam kondisi kritis. Di mana letak plengsengan sangat dekat dengan pemukiman warga, bahkan satu-satunya aset jalan melewati Desa Karang sari menuju kecamatan Genteng juga terputus di karenakan jalan berlubang sangat besar, yang di akibatkan terkikis oleh air.

Kerusakan ini membuat warga setempat cemas. “Banyak yang rusak, kami berharap plengsengan yang rusak segera dibenahi agar tidak banjir,” harap lasidi (40)warga Karangsari.

Menurut ia, terakhir plengsengan tersebut memang di bangun sudah lama sekali sejak jaman penjajahan belanda dulu, yang di kwatirkan warga sekitar saat musim penghujan tiba, karena sungai di desa kami ini termasuk sungai besar.

Kemarin sabtu (31/8/19) pihak pengairan kecamatan Genteng membawa tanah uruk sebanyak 1 truck untuk menangkis jebolnya plengsengan, dan hanya menggunakan semen 1 sak saja. Mas, ini untuk sementara ungkap Sarju PPA (penjaga pintu air) pengairan kecamatan Genteng kepada wartawan.

Kondisi ini tentu membuat warga sekitar was-was. Mereka khawatir apabila tak segera diperbaiki, kerusakan akan merembet ke jalan karena tanah di bibir sungai terus terkikis air sungai. Sedangkan pihak pengairan hanya menangkis air dengan tanah uruk sebanyak 1 truck saja, padahal banyak plengsengan yang jebol dan sangat berbahaya bagi warga desa Karangsari dusun Karangrejo kecamatan Sempu, tambah Lasidi. (ari)

Komentar

News Feed