oleh

Wagub Jatim Rayakan May day di Sidoarjo

-Tak Berkategori-83 views

SIDOARJO – (JKN), Hari Buruh Internasional atau may day di Sidoarjo diperingati dengan damai. Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) menggelar acara di area parkir timur Gor Delta Sidoarjo.

Ribuan buruh memadati kawasan parkir timur GOR Delta sejak pukul 09.00. Mereka mengenakan aneka seragam. Mayoritas peserta aksi itu adalah sayap dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Tidak ada orasi dan penyampaian tuntutan dalam kegiatan tersebut. Massa banyak dihibur sejumlah kegiatan. Mulai pembagian hadiah dan pertunjukan musik.

Aksi damai itu sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun ke 24 Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman, Senin (1/5/2017).

Perayaan tersebut diikuti oleh ribuan pekerja dari seluruh elemen yang tergabung di SPSI FSPRTMM dari 9 Kabupaten, Malang, Pasuruan, Mojokerto, Lamongan, Pacitan, Bojonegoro, Surabaya, Banyuwangi, Madiun dan Sidoarjo.

Ketua Federasi Serikat Pekerja RTMM SPSI Sudharta menyatakan, kesejahteraan masih menjadi permasalahan utama buruh hingga saat ini.masih banyak gaji buruh yang masih dibawah UMK kota atau kabupaten

Wagub Jatim Saifullah Yusuf atau lebih akrab dipanggil Gus Ipul mengapresiasi kegiatan yang digelar dengan damai itu. Ia setuju gaji buruh disesuaikan, namun produktivitas juga mengikuti ke arah yang lebih baik.

“Saya sangat setuju untuk mensejahterahkan buruh dengan jalan gajinya naik, namun harus diimbangi dengan peningkatan produksifitas,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan, selain itu kalau ada perbedaan atau perselisihan antara buruh dengan pengusaha hendaknya diselesaikan dengan baik dengan cara musyawarah.

(Sap)

Komentar