oleh

TUNJUKAN KEBOLEHANYA ANAK ANAK SISWA SISWI SD DAN MTS DALAM ACARA GINTANGAN BAMBOO FESTIVAL

-Tak Berkategori-55 views

BANYUWANGI – ( JKN ). Sabtu 5/5/2018. Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi hari ini mengadakan Festival anyaman bambu yang di adakan di sepanjang jalan depan Balai Desa kurang lebih dua tiga ratus meter yang bisa menyedot perhatian wisatawan lokal dan manca Negara.

Tepat pukul 14.30 wib di hari pertama ini kurang lebih 1000 anak dari siswa siswi SD dan MTS mengikuti acara festival anyaman bambu untuk menunjukan kreatifitas dan kebolehanya melalui tangan trampilnya dengan bersila di pingir jalan depan Balai Desa.

Menurut Kepala Desa Gintangan Rusdiana mengatakan sejak tahun 1980,an Gintangan telah menjadi sentra kerajinan anyaman bambu yang bisa memasok untuk kebutuhan pasar nasional, bahkan sampai sekarang hasil karya dari warga sudah di ekspor ke sejumlah Negara tetangga. Bahkan kemarin sudah bisa mengekspor dua belas kontener ke India,”tuturnya

Di lanjut kata Rusdiana dalam acara ini melibatkan juga anak anak warga Gintangan serta siswa SD, MTS, untuk bisa menampilkan kebolehanya dalam segi kreatifitas menganyam. Ini semua agar supaya tumbuh kreatifitas terhadap anak anak di usia dini untuk bisa melestarikan budaya anyaman melalui tangan tangan trampilnya yaitu membuat anyaman bambu.

Ini semua dilakukan semata mata untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada di Desa Gintangan terhadap generasi muda sehingga dapat melestarikan seni budaya kerajinan dalam bentuk anyaman bambu ini supaya tidak punah,”pungkasnya ( Heri ).

Komentar