oleh

TIM BPK RI Periksa Keuangan Polres Tanah Karo, Dairi dan Pakpak Bharat

Berita sidikkasus.co.id

Tanah Karo – Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R. Hutajulu Sik,. MH. Kapolres Dairi AKBP Leonado D. Simatupang Sik,. Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah P. Hasibuan Sik,. MH. dan jajaran menerima kunjungan tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Rabu (29/02/20) pagi.

Tim yang dipimpin oleh Gatot Ari Pramono bersama 4 anggota pemeriksa lainnya tersebut rencananya akan melakukan pemeriksaan keuangan yang dianggarkan negara kepada Polres Tanah Karo, Dairi dan Polres Pakpak Bharat tahun 2020, dan rencananya wasrik BPK RI akan berlangsung selama satu hari.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R. Hutajulu Sik,. MH. Mengatakan, pemeriksaan ini merupakan salah satu wujud akuntabilitas organisasi yang harus dipertanggungjawabkan kepada publik oleh instansi terkait, dalam hal ini adalah BPK.

“Pemeriksaan ini bukan mencari kesalahan, tetapi apabila tim BPK menemukan ada sesuatu yang belum sesuai dengan aturan tentu dengan besar harapan kami agar diberikan penjelasan. Agar kedepannya Polres kita ini dalam berbagai bidang bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya,” kata Kapolres.

Sementara itu, Ketua Tim BPK Gatot Ari Pramono S.E., Ak menyampaikan bahwa pemeriksaan ini dilakukan guna mengevaluasi pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara selama satu tahun.

“Untuk penilaian yang kami lakukan ada tiga hal yaitu pertama kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kedua evaluasi sistem pengendalian internal kontrol dan ketiga adalah kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara,” beber Katim BPK .

Selain itu, lanjut dia, hal ini guna menyamakan pendapat antara pemerintah dengan instansi Polri guna menyamakan persepsi dan bentuk laporan yang baik dan benar dalam hal pelaporan hasil dan penggunaan anggaran. (*)

Komentar

News Feed