oleh

Sigap..Tanggap Bencana Kodim 0820 Probolinggo

BeritaSidikkasus.co.id

Probolinggo. Lereng Bromo tepatnya lokasi Jurang nganten pada Rabu tanggal 19 Februari 2020. Pasi Intel Kodim 0820 Kapten Arhanud Heri Widodo yang sehari2 juga menjabat sebagai Danramil 0820/08 Sukapura bersama Camat Sukapura Maryoto SH. S sos. Msi, sugap bersama unsur SIAGA BENCANA yang ada di wilayah Koramil 0820/08 Sukapura dalam merespon secara cepat laporan dari Bapak Sumarlan Tagana kecamatan Sukapura kepada Danramil 0820/08 Sukapura Kapten Arh. Heri Widodo pada pkl 21.00 wib saat Tagana Sumarlan dan Anton bersama BABINSA dan BABINKAMTIBAS melaks Patroli rutin disekitar lereng Sukapura tepatnya di jurang Nganten desa Sukapura Kec. Sukapura. Hal ini dilakukan dan bemar2 diantisipasi dikarenakan wilayah Kec. Sukapura merupakan wilayah pegunungan yang sedang mengalami musim penghujan.
Penanganan dilakukan saat itu juga pkl 21.00 wib agar lalulintas kendaraan bisa melintas, dan dilanjutkan pada pagi hari pkl 05.30 wib hingga lokasi longsor benar2 teratasi.

Dalam giat ini respon cepat dari Tanggap Siaga Bencana Kodim 0820 Probolinggo atas perintah Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo menurunkan satu Pleton personil untuk membantu menangani tanah longsor yang sempat memutuskan akses jalan utama menuju daerah Wisata Gunung Bromo (TNBTS).

Tampak kesigapan dari seluruh elemen yang hadir penuh kesadaran, semangat yang didasari oleh semangat Bela Negara dan Gotong royong bersama semua elemen diantaranya MASYARAKAT, TNI, POLRI, TAGANA, SATPOL PP, PRAMUKA SWK, PU SUKAPURA, STAF DESA DAN KECAMATAN SUKAPURA dan beberapa pelaku usaha wisata di sekitar lokasi longsor dengan memberikan konsumsi.

Bersyukur bahwa dalam kejadian ini tdk ada korban apapun dr masyarakat dan
Dalam penanganan longsoran ada yang berupa bongkahan tanah yang menghalangi jalan, ditarik menggunakan truk KODIM 0820 Probolinggo dibantu satu jeep Hardtop milik warga serta dengan mendorong bongkahan tanah bersama puluhan Prajurit TNI dan masyarakat yang ada dilokasi.

Dan kemacetan lalulintaspun yang terjadi sepanjang lebih dari satu kilometer kembali bisa berjalan normal, dan kegiatan berjalan dengan tertib dan aman berkat kerjasama dari semua yang ada bersama SIAGA TANGGAP BENCANA KODIM 0820 Probolinggo
(Yuli)

Komentar

News Feed