oleh

Rumah Warga Desa Gela Pulau Taliabu Terendam Banjir

Berita Sidikkasus.co.id

TALIABU _ Hujan deras yang mengguyur Desa Gela, Desa London dan Desa Mintun, Kecamatan Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), membuat aliran sungai di kawasan tersebut meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

Kepala Desa Gela, Kecamatan Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Ibrahim Saerun saat diwawancarai awak media mengatakan, akibat dari luapan air kali gela hingga merendamkan 5 rumah milik warga yang berada di Desa Gela Kecamatan Taliabu Utara.

“Sebagai Kepala Desa, saya sudah melakukan upaya yang maksimal, termasuk telah menghubungi pihak perusahaan untuk meminta bantuan alat beratnya (Exsavator).

Pihaknya telah meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu agar bisa membantu dan melihat kondisi masyarakat yang ada di Desa Gela ini.

“Harapan saya agar Pemda Pulau Taliabu agar mau bersama-sama menangani banjir ini, sehingga rumah-rumah warga tidak lagi terendam air”harapnya.

Terpisah kepala BPBD Pulau Taliabu, Sutomo Teapon kepada posko malut, senin, (24/2) mengatakan bahwa, terkait dengan insiden terendamnya 5 rumah warga Desa Gela, Kecamatan Taliabu Utara akibat dari luapan air kali gela itu, setalah pihaknya mendapat laporan dari tim BPBD Pulau Taliabu yang ada gela, langsung dirinya menghibungi Kades Gela agar langsung mengambil langkah awal.

“Saya langsung hubungi kades gela untuk minta bantu di pihak perusaan agar memberikan bantuan alat berat dan sekarang kades sudah berkomunikasi dengan perusahaan sehingga membantu melakukan normalisasi sungai air kali gela”tutur Sutomo.

Kata dia, sekarang perusaan sudah memberikan bantuan alat berat berupa exavator dan sudah mulai melakukan normalisasi sungai gela. Normalisasi ini dilakukan dalam rangka untuk meluaskan air kali dengan cara mengangkat matreal bawaan dari banjir sehingga debit air bisa mengurang dan tidak lagi meluap ke pemukiman warga.

“Normalisasi ini akan torang lihat, apakah membutuhkan untuk ditambah lagi ataukah sudah cukup sampai disitu saja tapi, yang pasti torang akan menambahkan agar tidak terjadi luapan air hingga masuk di pemukiman warga”jelasnya, (jak).

Komentar

News Feed