oleh

Ribuan Warga Desa Dadap Terlarut Kemerirahan Puncak Tradisi Nadran

-Tak Berkategori-112 views

INDRAMAYU, (JKN) – Ribuan warga Desa Dadap tak mau ketinggalan dalam acara tradisi tahunan yakni nadranan, mereka terlarut dalam semarak pesta laut yang di laksanakan masyarakat desa setempat. Terlebih, saat dilakukannya ritual puncak prosesi adat, dengan pelepasan replika kapal perahu kecil berisi sesaji dan kepala kerbau.

Tradisi ritual itu, populer dengan sebutan meron atau melarung, semua masyarakat nelayan di desa itu ikut mengiringi acara ke tengah laut dengan melepaskan sesaji acara meron tersebut. Ribuan warga yang datang menyaksikan acara itu, bukan saja warga Desa Dadap, melainkan dari desa lain bahkan dari luar Kabupaten Indramayu.

“Saking ramainya, jalan menuju lokasi acara nadranan yakni di wilayah Desa Dadap ini jadi macet total. Namun hal itu, tidak menutunkan semangat pengunjung yang ingin menyaksikan kemeriahan acara itu,” kata Ketua Koperasi Unit Desa (KUD), H. Minan.

Dikatakannya, dirinya memberikan apresiasi kepada semua masyaraat Desa Dadap yang ikut memeriahkan dan menajaga acara itu, hingga berjalan cukup meriah dan lancar.

Acara selain dilangsungkan prosesi pelepasan meron, juga di meriahkan pagelaran seni kebudayaan, salah satunya adalah Kesenian Sandiwara, Organ Musik Dangdut dan pasar malam berlangsung hampir satu bulan.

Dia mejelaskan, bahwa acara kegiatan nadran dilakukan rutin tiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki yang diberikan kepada masyarakat nelayan.

Rejeki yang dirasakan, yakni keselamatan ketika berlayar di laut maupun rejeki hasil tangkapan ikan yang melimpah sepanjang tahun.

“Nadran juga diselenggarakan, untuk menyambung tali silahturahmi antar warga nelayan, khususnya Desa Dadap dan sekitarnya,” ujarnya.

Seluruh kegiatan yang digelar, mendaatkan dukungan warga seperti yang disampaikan, Sauri warga Desa Dadap yaitu dia mengikuti pelepasan replika kapal perahu kecil berisi sesaji yang di sebut melarung meron.

“Arak-arakan kapal perahu, mengiring kapal yang membawa meron, diiringi pihak keamanan. Dalam hal ini, kapal patroli dan polair Kabupaten Indramayu,” ungkapnya. (tim)

Komentar