oleh

Raden Udin Khaeruddin Keturunan Raja Cirebon Meluruskan Sejarah Kerajaan Cirebon

-Tak Berkategori-115 views

CIREBON, (JKN) – Hari jadi Kabupaten Cirebon perlu di musyawarakan kembali, karena  membuat bingung  antara Kota dan Kabupaten Cirebon tidak sama, Sabtu, (31/03/2018).

Padahal peristiwa sejarah sama, dan perlu di ketahui Kota Cirebon merupakan pemekaran, dari Kabupaten Cirebon yang  usianya lebih tua, maka jika ada filosofi yang menyatakan bahwa Kota Cirebon lebih tua dari Kabupaten itu salah pemahaman.

Pangeran Cakrabuana  atau Mbah Kuwu Cirebon sebagai pewaris Raja Pajajaran dan Kerajaan Singapura  mendirikan Padukuhan Cirebon di tgl 1 Muharram, perjuangan beliau jangan dilupakan.

1 Muharram sudah diperingati oleh masyarakat Cirebon sudah turun temurun. Cirebon tidak bisa dipisahkan dengan Islam,  Pangeran Cakrabuana  tidak mau jadi Raja  di ke dua Kerajaan demi Islam  hingga Cirebon diberikan kepada menantu ponakan syekh Syarif Hidayatullah demi tegak dan berkembangnya Islam.

Maka  Kanjeng Syekh Syarif Hidayatullah di Cirebon sebagai penata Agama bukan penata Negara, para Kuwu pun memperingati Mbah Kuwu Kanjeng Pangeran Cakrabuana pada 1 Muharram.

Mengapa Kabupaten Cirebon hari jadinya 2 April sedangkan cikal bakal Cirebon hari jadinya1 muharram.  Mohon di musyawarahkan kembali.

Raden Udin Khaeruddin keturunan Kanjeng Pangeran Cakrabuana  pendiri Cirebon  dari garis  ayah Pancer dan keturunan Kanjeng Syekh Syarif Hidayatullah dari ayah dan ibu. (001JKN/RATU)

Komentar