oleh

Puluhan Kambing Etawa Unjuk Kebolehan dalam Festival di Banyuwangi

-Tak Berkategori-97 views

Banyuwangi, JKN – Kontes Festival Kambing Peranakan Etawa diadakan di lapangan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (11/03).

Menurut, Abdul Azis Selaku Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan baru kali ini diagendakan Festival tersebut, namun demikian pihaknya berupaya akan digelar setiap satu tahunnya, agar bisa agendakan dengan melibatkan pihak untuk memberikan dukungan agar Kambing Etawa lebih dikenal.

“Itu semua atas kesepakatan atau keputusan semua peternak, khususnya ada di Banyuwangi (KPKB) Komonitas Peternak Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Para kontes yang mengikuti lomba tersebut, kurang lebih 200 peserta yang meliputi setiap peserta diwajibkan harus mendaftar, adapun biayanya Rp.70.000,- dapat seponsor susu Etawa.

“Untuk sementara ini baru awal, yang jelas kita undang semua tamu, termasuk bapak bupati, lurah, kades se-Kecamatan Kalipuro, supaya dalam acara bisa mengetahui adanya posisi kambing,” jelasnya.

Dalam hal ini, dewan juripun yang dihadirkan, bahkan di dalam kontes tersebut tidak kalah pentingnya telah menyediakan berbagai macam macam tropi piala bergilir. Antara lain, Kelas E Maksimal Tinggi Badan 60-65 cm (Jantan dan Betina), Kelas D Maksimal Tinggi Badan 70-80 cm (Jantan dan Betina).

Juga Kelas C Belum Poel (Jantan dan Betina), Kelas B Gigi Poel Maksimal 3 Pasang (Jantan dan Betina), Kelas A Gigi Poel Diatas 3 Pasang (Jantan dan Betina) serta Kelas EXTRIM Jantan Timbang Bobot.

“Kesan dan pesannya adalah semoga adanya kontes Festival Kambing Peranakan ETAWA ini, lebih ditingkatkan lagi dari skala proritas  lebih itensif,”  pungkasnya. (Edi)

Komentar