oleh

Polri ;Giat Pengamanan Polres Mesuji Bersama Umat Hindhu Dharma Merayakan Hari Raya  Galungan dan Kuningan 

Berita Sidikkasus.co.id

MESUJI – Umat Hindhu Dharma,di wilayah Kabupaten Mesuji,khususnya umat Hindhu di Desa Fajar Baru dan Desa Adi Luhur,Kecamatan Panca Jaya, ,Kabupaten Mesuji ,Lampung, di kunjungi pihak polri,dalam rangka Giat pengamana Hari Raya oleh polsek simpang pematang,Polres Mesuji, kendati demikian bukan berarti sebelumnya ada terjadi hal horizontal melainkan tugas pokok polri, dalam memberi pelayanan kepada Masyarakat . Umat Hindhu Dharma yang tinggal di dua Desa tersebut melaksanakan persembahyangan nya di masing -masing pura antara lain di pura Triyoga di Desa fajar Baru dan Pura Tri Dharma Desa Adi Luhur,Kecamatan panca Jaya,  untuk Merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan .

“Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi Umat Hindhu Dharma secara keseluruhan bahwa,Hari Raya Galungan dan Kuningan itu sendiri merupakan Perayaan Hari Kemenangan yakni Dharma (Kebajikan) melawan A-Dharma (Kezholiman). Juga penghormatan terhadap para leluhur,Ista Dewata (para Dewa-Dewi) terutama Bhakti kehadirat “ida Shang Hyang Widhi ” (Tuhan pencipta alam dan seisinya)

Selain Hari Raya Galungan dan kuningan, yang di Rayakan oleh Umat Hindhu Dharma setiap 210 hari se x, juga mempunyai ketetapan Hari yakni Hari Rabu Kliwon,wuku Dunggulan dan Hari Sabtu Kliwon,wuku Kuningan.Agama Hindhu juga Memiliki Kitab Suci “Weda” ada Empat Kitab suci Weda yakni ;Reg Weda,Yajur Weda, Atarwa Weda dan Sama Weda,keempat weda itu di sebut “Catur Weda” selain kitab suci Weda Agama Hindhu juga memiliki kitab suci smerti yakni “Manawe Dharmasastra” bahasa umumnya di sebut feqih( hukum Tuhan). Tuhan Dalam Agama Hindhu adalah “Shang Hyang Widhi ” Hindhu di indonesia di kenal dengan “Hindhu Dharma,” Tempat Sembahyang umat Hindhu Dharma adalah  di pura (pure) atau Merajan (Sanggah keluarga) dan tempat -tempat suci lainnya,dengan di imami oleh Jro Mangku (pinandite).

Dalam hal Giat pengamanan polri di Kabupaten Mesuji Turut Hadir Kanit Reskrim Polsek Simpang Pematang Ipda Bambang P. Panit I Binmas Polsek Simpang Pematang Aipda Sunu Waspodo, Panit II Binmas Polsek Simpang Pematang Bripka Dedy Iskandar,Ta Sabhara Polsek Simpang Pematang Brigpol Abdul Rahman Bhabinkamtibmas Briptu Gezy.

“Iya benar kami melakukan Giat pengamanan dipure -pure dalam rangka  persembahyanyangan perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan umat Hindu di desa Fajar Baru dan Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya, kabupaten Mesuji,” ujar kanit Reskrim,Ipda Bambang p.kepada awak media.

Sementara itu,Kasubag Humas polres Mesuji AKP Surya Dinata, Mewakili Kapolres Mesuji,AKBP Alim,Menjelaskan bahwa,”Giat pengamanan Polres Mesuji yang dilakukan oleh jajarannya terhadap Umat Hindhu Dharma  yang sedang Merayakan Hari Galungan dan Kuningan  di harapkan dapat memberikan hal positif melaksanakan ibadah Galungan dengan baik ,nyaman ,tentram,Damai  dan khidmad ,hal tersebut adalah Harapan bagi Polri,sehingga Semakin Terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif antar sesama umat beragama di kabupaten Mesuji khususnya dan di Tanah Air pada umumnya dan semoga terwujud,”Ujar kasubag Humas polres Mesuji,surya Dinata,mengahirinya. (wayan)

Komentar

News Feed