oleh

Polresta Sidoarjo Gelar Razia Balap Liar yang meresahkan pengguna jalan

-Tak Berkategori-59 views

SIDOARJO,-JKN
Balap liar sepeda motor sering ditemui pada titik-titik tertentu jalan raya di Sidoarjo, Dari pantauan, ada beberapa lokasi yang kerab dijadikan “arena” balap liar. Di antaranya, jalan raya Arteri (Porong), Jalan raya Pondok Candra (Waru), By pass Juanda, Jalan Raya Sumput (Sukodono) dan di Jalan raya Jenggolo (TL Air Mancur) kota Sidoarjo.
Untuk menekan angka kecelakaan serta menertibkan Balap Liar, Polresta Sidoarjo melaksanakan operasi balap liar sepeda motor di jalan raya Jenggolo Sidoarjo, Minggu, (29/4) dini hari. Sebanyak 161 pelanggaran ditemukan.

Kegiatan Balap Liar sering dilakukan pemuda-pemudi saat malam menjelang pagi hari. Tak ayal peristiwa tersebut membuat pengguna jalan atau pengendara lain merasa terganggu.
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, melalui Sat Sabhara Polresta Sidoarjo Kompol Deddy Iskandar, merespon laporan masyarakat atas maraknya balap liar tersebut. Dengan menggelar operasi penertiban lalu lintas dan kendaraan bermotor, Polresta Sidoarjo berhasil mengamankan total keseluruhan sebanyak 161 pelanggaran.

“Kita amankan kendaraan yang protolan dan suara knalpot brong sebanyak 83 kendaraan. Kendaraan tanpa dilengkapi surat administrasi lengkap dan protolan (bodong) sebanyak 3 kendaraan, dan jumlah tilangan STNK sebanyak 70 pelanggar,” terang Deddy saat dihubungi

“Ratusan pelanggar kita beri pelajaran. Kita suruh jalan kaki dan mendorong kendaraannya sendiri. Mulai dari depan SMAN 1 Sidoarjo menuju Mapolresta Sidoarjo,” tambahnya

Deddy menerangkan, operasi penertiban itu digelar sekitar pukul 01.00 WIB. Pukul 02.00 WIB pengemudi dan kendaraan diamankan oleh petugas menuju ke Mapolresta Sidoarjo.

“Dalam razia roda dua (R2) tersebut dilakukan pengecekan perlengkapan kendaraan. Kita data, foto, mintai sidik jari dan menindak lebih jauh bagi pelanggar yang tidak memiliki surat-suart,” tambah Kapolresta saat ditemui di Wonoayu dalam acara kumpul salah satu grup netizen di Sidaorjo, Minggu, (29/4).

Untuk menjaga titik-titik jalan yang sering dibuat arena balap liar pihaknya akan memberikan pengawasan khusus.

“Kita akan siagakan anggota di titik dimana sering dijadikan arena balap liar tersebut. Kita akan awasi secara khusus jalur-jalur tersebut,” terangnya

Himawan, mengatakan lebih jauh, pihaknya menghimbau bagi para orang tua agar selalu mengawasi anaknya.

“Kepada semua orang tua agar selalu menjaga dan mengawasi putra-putrinya. Agar tidak mudah terjerumus ke dalam dunia yang merugikan dirinya sendiri,” imbau perwira polisi dengan tiga melati di pundaknya itu.
(SAP/Ian)

Komentar