oleh

Polres Melawi Bentuk Karakter Personil Melalui Bimbingan Rohani Dan Mental

-Tak Berkategori-92 views

MELAWI, (JKN) – Polda Kalbar – Polres Melawi, Jika kita mendengar kata Binrohtal, maka kita akan tertuju pada kegiatan keagamaan, selengkapnya dilihat dari arti satu persatu makna Pembinaan Rohani dan mental.

“Pembinaan adalah proses, cara, perbuatan membina, pembaharuan, penyempurnaan, usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara efisien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik’,
Pembinaan Rohani adalah kegiatan membentuk dan memelihara serta meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
Mental adalah semua unsur-unsur jiwa termasuk pikiran, emosi, sikap dan perasaan yang dalam keseluruhan dan kebulatannya akan menetukan corak laku, cara menghadapi suatu hal yang menekan perasaan, mengecewakan atau menggembirakan.”

Bimbingan Rohani dan Mental ( Binrohtal ) terbagi menjadi 2 tempat kegiatan, yang beragama Nasrani bertempat diruangan Aula Tribrata Polres Melawi dipimpin langsung oleh Wakapolres Melawi Kompol Juda T. Tampubolon, S. H, S. IK, M. H sedangkan yang beragama muslim bertempat di Masjid Siratul Jannah dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S. IK, M. Si diwakili oleh Kabag Sumda Kompol Nurhadi”.

Siraman Rohani yang beragama Nasrani di bawakan oleh Vic. Wayan Radek, S. Th sedangkan yang beragama Muslim dibawakan oleh Ustad Imam, Rabu ( 28/3/2018 ) pagi.

Dalam kegiatan tersebut Wakapolres Melawi Kompol Juda T. Tampubolon, S. H, S. IK, M. Si menjelaskan bimbingan Rohani dan Mental yang rutin digelar setiap sekali seminggu ini dilaksanakan setelah apel pagi, kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan iman dan taqwa Personil Polres Melawi sebagai implementasi Revolusi Mental, katanya.

Lebih jauh Juda menyampaikan ini adalah program pembentukan karakter anggota Polri khususnya Personil Polres Melawi untuk merevolusi mental Personil sehingga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Anggota Polri yang berdinas di Polres Melawi selalu diniatkan dengan ibadah dan penuh loyalitas baik itu dengan pimpinan maupun tugas yang diembannya, tuturnya.

“Bimbingan Mental Rohani adalah pembinaan mental anggota Polri dalam rangka membentuk dan memelihara serta meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agamanya masing-masing untuk mempertinggi moral, budi pekerti Personil sehingga mampu menegakkan harkat dan martabat manusia, tegasnya.(tim)

Komentar