oleh

Pesta Perkawinan Febri Mercuri Diramaikan oleh Jaranan “SEKAR KEDHATON”

Berita sidikkasus.co.id

BANYUWANGI – Pesta perkawinan Febri Mercuri dipenghujung acara pada hari Minggu, 09/02/2020. Diramaikan oleh Jaranan Sekar Kedhaton Solong Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

Sejak mulai pagi hari para penjaja makanan sudah mulai berdatangan dilokasi acara, yang tidak lain adalah untuk menjajakan makananya bagi para penonton Jaranan yang akan datang untuk menyaksikan tontonan hiburan Kesenian tradisional Jaranan Sekar Kedhaton.

Pada pukul 10.00.Wib, Rombongan Kesenian Tradisional Jaranan Sekar Kedhaton tiba di lokasi acara hajatan. Mereka menurunkan satu persatu peralatan kesenian yang akan ditampilkan.

Tidak lama kemudian para Crew Jaranan beserta para penarinya juga datang di lokasi, untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang akan ditampilkan. Pukul 11.00, wib, Kesenian Jaranan Sekar Kedhaton mulai beraksi, dengan acara pembukaan dimulai dengan lagu-lagu ciri khas Banyuwangi.

Selang beberapa lama kemudian, tampillah beberapa pemain Jaranan yang dipandu oleh pawang mereka. Yang mana sudah kebiasaan apa bila ada para pemain Jaranan yang di rasuki atau kesurupan, maka pawang itulah yang akan memandu para pemain yang sedang kesurupan, bahkan yang akan memulihkan kembali para pemain yang lagi kesurupan.

Keluar Pak Agus Iriyanto memang sengaja mengundang Kesenian Jaranan, tiada lain karena semata- mata hanya ingin menghibur seluruh keluarga yang hadir, bahkan juga masyarakat sekitar ikut terhibur dengan adanya kesenian Jaranan tersebut.

Para penonton yang datang untuk menyaksikan kesenian Jaranan sangat antusias sekali, terlihat begitu banyaknya para penonton.

Yang lebih menarik lagi, pada saat salah satu pemain Jaranan yang sedang kesurupan, tiba-tiba tanpa sadar berlari menuju ke Rumah yang mengadakan hajatan tersebut, sambil mengendus disetiap sudut rumah, seakan-akan ada yang dicarinya.

Pemain jaranan tersebut melakukan aksinya, sebenarnya tanpa sadar atau kesurupan. Yang mana memang sudah kebiasaan disetiap para pemain jaranan pasti identik dengan kesurupan.

Hingga akhir acara, tidak ada insiden yang terjadi, bahkan para penonton sangat puas atas hiburan Jaranan yang tampil walaupun kadang sedikit Extrime, tapi sangat menghibur penonton.

Reporter : Diah Tri Murti

Komentar

News Feed