oleh

Personel Pra TMMD Bersama Masyarakat Bergotong Royong Melangsir Material dengan Sistem ‘Banjardowo’

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG – Intensitas Hujan yang sangat tinggi akhir akhir ini membuat medan sasaran fisik TMMD berubah menjadi lumpur. Namun hal itu tidak menjadi halangan bagi personel pra TMMD.

Sebagai upaya persiapan dalam menunjang suksesnya Program TMMD ke-108 Tahun 2020, personel Pra TMMD ke-108 Kodim 0821 Lumajang bersama masyarakat bergotong royong melangsir material ke sasaran, dengan menerapkan sistem “Banjardowo”, dengan demikian pekerjaan TMMD akan menjadi lebih ringan

Cara langsir material seperti itu dinilai efektif dan tidak menguras tenaga. Banjardowo itu dimaksudkan, dengan berjejernya sejumlah personil, sebuah batu material akan dioperkan ke satu persatu personil dan masyarakat, hingga mencapai ke suatu tujuan.

”Di momen-momen tertentu, seperti musim penghujan yang jalannya sudah tidak bisa lagi dilalui alat pengangkut material. sistem langsir seperti itu akan mempercepat pekerjaan. Terlebih dari itu juga tidak terlalu menguras energi. Sietem ini bagi orang Jawa juga sudah tidak asing lagi,” papar Pasiter Kodim 0821/Lumajang Kapten Inf Ahmad Ely Supriyadi, saat kegiatan TMMD, di Desa Pandansari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020).

Lanjut Kapten Inf Ahmad Ely Supriyadi, kegiatan Pra TMMD merupakan upaya untuk menyukseskan pengerjaan TMMD sesuai target waktu yang telah di tentukan, yaitu 30 hari.

“Dalam tahap Pra TMMD ini kita fokuskan pada penyiapan sasaran fisik, sehingga pada saat pelaksanaannya nanti dapat selesai sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa saat intensitas hujan yang tinggi, medan sasaran fisik berubah menjadi lumpur, sehingga alat pengangkut material tidak dapat beroperasi.

“Dengan tidak dapat digunakannya alat pengangkut, maka kami bersama masyarakat bergotong royong melangsir material dengan sistem Banjardowo ke tempat sasaran TMMD”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Gempol Desa Pandansari Atman Tosari mengungkapkan, bahwa warga sangat antusias mengikuti kegiatan Pra TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0821/Lumajang.

“Dengan adanya kegiatan Pra TMMD, kami sangat optimis bahwa pengerjaan jalan dan jembatan akan selesai sesuai waktu yang telah ditentukan, sehingga kami warga sekitar akan segera merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (Ria)

Komentar

News Feed