oleh

PENYULUHAN KESEHATAN LANSIA DESA BLIMBINGSARI

BANYUWANGI, JKN – Selasa 3 September 2019. Pemerintah Desa Blimbingsari Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi mengadakan penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat yang berusia lanjut ( LANSIA ) bertempat di Pendopo Desa. Menua merupakan masa perubahan yang di alami setiap individu baik fisik maupun psikologi akibat penurunan fungsi tubuh.

Seperti apa yang di jelaskan Bidan Srihartini kepada awak media bahwasanya Lansia sehat adalah lansia yang mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik mereka dan lingkungan sosialnya,” tuturnya.

Pola hidup sehat adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau serta mampu melakukan perilaku hidup sehat. Gaya hidup sangat mempengaruhi penampilan untuk menjadi awet muda dan panjang umur atau sebaliknya serta pola hidup sehat pada usia lanjut mampu menpertahankan kamandirian dan kualitas hidup untuk mencapai kesejahteraan ,” imbuhnya.

Setiap orang akan mengalami fase yang mengarah kepada penuaan. Seseorang dianggap berhasil menjalani proses penuaan jika dapat terhindar dari berbagai penyakit, organ tubuhnya dapat berfungsi dengan baik, serta kemampuan berfikirnya atau kognitif masih tajam. Para lansia yang berhasil mempertahankan fungsi gerak dan berfikirnya dianggap berhasil menghadapi penuaan sehingga dapat bekerja aktif terutama disektor informal. Adapun peyuluhan ini dilakukan oleh Pemerintah Desa Blimbingsari setiap satu bulan sekali,” pungkasnya ( Heri ).

Komentar

News Feed