oleh

Pengukuhan dan rapat kerja 1 dewan pengurus daerah lembaga adat tolaki (DPD LAT)

Berita. sidikkasus.co.id

KONSEL – Menjadikan lembaga adat tolaki sebagai penopang pembangunan dan pemersatu di tengah keberagaman adat istiadat serta budaya di konawe selatan (konsel). kamis. 06/02/2020)

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga berinisiatif membangun Rumah Adat sebagai tempat pertemuan atau kegiatan adat semua suku, termasuk Suku Tolaki.

Hal itu terungkap, saat beliau menyampaikan sambutannya dalam acara pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Lembaga Adat Tolaki (DPD – LAT) Konsel Periode 2019 – 2024, bertempat di Auditorium Kantor Bupati,

“Tahun 2021, kita akan bangun rumah adat, konsep gambarnya sesuai hasil sayembara, yang diharapkan dapat dijadikan lokasi pagelaran adat Tolaki dan adat masyarakat lainnya, juga sebagai destinasi wisata,” ucap Surunuddin.

Selain itu, dihadapan Ketua dan puluhan pengurus yang baru dikukuhkan oleh Ketua LAT Provinsi Sultra, Mashur Masie Abunawas ini, Surunuddin menyampaikan harapannya, agar LAT bisa melahirkan peraturan mengikat yang menyeragamkan proses adat, salah satunya tata cara penyampaian dan nilai syarat adat perkawinan yang menurutnya masih berbeda dengan wilayah lainnya.

Dimana, sambungnya, pengembangan budaya tolaki merupakan salah satu program yang masuk dalam RPJM  Pemda Konsel selain budaya lain, untuk itu ia berharap (LAT) melahirkan program kerja sekaligus menjadi alat komunikasi dan pemersatu bangsa, yang mensinergikan programnya dengan di Kabupaten.

“Pemda bahu membahu dalam memgembangkan budaya, yang merupakan salah satu agenda yang wajib kita sukseskan bersama, jadi mari bangun sinergi demi pelestarian budaya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya

Mengakhiri sambutannya, Ia menyampaikan selamat bekerja kepada pengurus yg baru dilantik, dan sama berharap semoga program bisa berjalan baik, tujuannya menjadikan Konsel Desa Berbudaya.

di tempat yang sama ketua DPD lembaga adat tolaki (LAT) Sawal silondae, dalam sambutan nya” tujuan organisasi lembaga adat ini bukan berakhir sampai acara pengukuhan ini, akan tetapi organisasi yang telah lama lahir dan organisasi yang sangat besar ini harus dapat berfunsi nyata bagi daerah dalam upaya pelestarian pemeliharaan nilai – nilai adat sosial budaya suku tolaki di daerah konawe selatan ini,” ucap sawal.

Sementara itu, Mashur Masie Abunawas, dikesempatan tersebut menyambut gembira niatan Bupati Konsel yang bakal membangun Rumah Adat, yang juga merupakan salah satu program usulan (LAT) yang di harapkan dapat melestarikan adat dan budaya tolaki, termasuk penggunaan bahasa yang kini perlahan ditinggalkan dan jarang di gunakan dalam kehidupan

Mantan Walikota Kendari ini juga berharap agar Bupati membantu pengembangan LAT dengan menyediakan anggaran, agar pelestarian berkelanjutan dan dapat berkontribusi nyata dalam pembangunan, khususnya pembangunan di bidang sosial kemasyarakatan dan kebudayaan.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja I (Pertama) DPD LAT Konsel ini, di hadiri Bupati, H.Surunuddin dangga, wakil bupati H. Arsalim arifin, Sekda, H. Sjarif Sajang, Kepala Kejari Konsel, Aprilyana Purba, Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin, Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif, Sekjen LAT Provinsi, Bisman Saranani dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Adapun yang dikukuhkan sebagai Ketua LAT Konsel, yakni Sawal Silondae dan Sekretarisnya, Nasran dan sejumlah pengurus kecamatan.

Iswan safar

Komentar

News Feed