oleh

Penghafal Hadist Asal Bondowoso Jadi Juara Asean

-Tak Berkategori-93 views

Bondowoso. JKN – Muhammad Izhar Assahmy, putra Bondowoso menjadi juara 1 tingkat ASEAN dalam Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an dan Hadis (MHQH). Anak MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso ini menangkan lomba di Masjid Istiqlal Jakarta melawan peserta dari 21 negara. Karena prestasinya, Bupati Amin Said Husni memberikan apresiasi yang sangat tinggi.

  Bupati Amin Said Husni menyampaikan, ingin menjadikan Bondowoso sebagai tempat penghafal hadis. Sehingga jika selama ini sudah terkenal dengan Bondowoso Republik Kopi, ke depannya Bondowoso harus bisa menjadi pusat penghafal hadis. “Saya ingin muncul Izhar-Izhar yang lain, “tuturnya.
Bupati Amin juga mengatakan, selama ini, banyak tempat penghafal Alquran. Bahkan Pemkab Bondowoso membuat program Bondowoso Menghafal Alquran. Namun untuk penghafal hadist masih belum banyak,sehingga ke depan menurut Amin perlu dimunculkan pusat penghafal hadist.
Lanjut Bupati Amin, apalagi keberhasilan putra Bondowoso bukan kali ini saja,setahun sebelumnya juga berhasil menjadi juara. Hanya masih peringkat II, keberhasilan waktu itu ditunjukkan oleh Bagus Eko Dono. Karena yang mendapat hadiah haji VIP dari Kerajaan Arab adalah juara I, II, dan III. Tahun lalu Bagus juga sudah haji. Dia disambut oleh kerajaan Arab Saudi dan bisa menunaikan ibadah haji VIP. a
Dlam agenda tasyakuran yang diadakan di Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso Sabtu kemarin (07/04/2018) Bupati Amin beserta Dandim 0822 Lekot Inf Tarmuji dan Ketua Dewan Pendidikan M. Syaeful Bahar sempat menguji hafalan Izhar. Dalam tes itu, Izhar dengan lanyah membacakan hadis beserta sanadnya. Sampai-sampai Bupati Amin Said Husni memberikan tes untuk tiga hadis kepada Izhar.
Perlu diketahui, Izhar adalah siswa kelas XI MA Al Irsyad Al Islmiyyah Bondowoso. Anak asal Desa Kelapa Sawit, Wonosari itu bersekolah di SMPN 2 Tenggarang. Sedari lulus SMP, dia belajar di ma’had. Dia belajar menghafal 500 hadist masih kurang dari 2 tahunan. (yus)

Komentar