oleh

Penanaman 3000 Rumput Vetiver di Desa Kebondalem

Berita Sidikkasus.co.id

Banyuwangi – Dandim 0825 Banyuwangi menanam 3000 rumput vetiver dengan akar panjang dan kuat, diSungai pekalen Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo. Kamis (20/2/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Letkol INF Yuli Eko Purwanto,SIP ( Dandim 0825 Banyuwangi). Kasdim, serta seluruh Danramil sebanyuwangi, dan Forpimka masyarakat Kebondalem, dengan mengambil tema Untuk Konservasi tanah dan air dalam rangka pemulihan Daerah aliran sungai (DAS) di wilayah Kodim 0825.

Dandim 0825 Letkol INF Yuli Eko Purwanto,SIP  Menyampaikan
Rumput Vetiver merupakan tanaman tropis sejenis rumput-rumputan berukuran besar yang memiliki banyak keistimewaan. Bisa bertahan disaat intensitas hujan tinggi, Tahan terhadap kekeringan, dapat tumbuh dengan baik pada lahan tandus dan tumbuh pada ketinggian 500-1500 meter di atas permukaan laut.

Sangat efektif dalam konservasi air dan tanah, mengendalikan endapan, menstabilkan serta merehabilitasi tanah, yang pasti juga ramah lingkungan, Karena fungsinya bukan hanya untuk penahan longsor, dapat pula digunakan untuk pakan ternak, untuk aroma terapi, atap rumah, kerajinan dan masih banyak lagi manfaatnya,Jelasnya.

Ketika media Sidikkasus Menemui Kapten Arm. Sutoyo.SH Danramil 0825/11 mengatakan tiga ratus orang bersama-sama untuk menanam Rumput Vetiver ini untuk Penanaman rumput vetiver Ada Tiga ribu bibit rumput vetiver, yang ditanam dengan harapan dapat mencegah terjadinya longsor.

Karena rumput vetiver, memiliki akar yang kuat di dalam tanah hingga mencapai tiga meter.

Rumput itu bentuknya hampir mirip dengan pohon serai serta harapan kedepan agar rumput ini sangat bermanfaat sekali untuk daerah rawan longsor bisa teratasi dengan cara menanam rumput tersebut.

( IKHSAN/YATI)

Komentar

News Feed