oleh

Nyaris Ricuh KMPMPL Desak Pemda Konsel Untuk Tidak Beri Izin PT Asmindo

Berita Sidikkasus.co.id

KONAWE SELATAN – Konsorsium Masyarakat Pemuda dan Mahasiswa Peduli Lingkungan (KMPMPL) gelar aksi demonstrasi di kantor bupati konsel tolak rencana PT. Asmindo gunakan jalan umum sebagai jalan hauling perusahaan, di Kantor Bupati Konsel, Kamis 10 Juni 2021.

Dalam Aksi demonstrasi tersebut nyaris ricuh antara massa aksi dan aparat kepolisian dan satpol pp yang sementara bertugas mengawal massa di kantor bupati.

Massa Aksi, yang tergabung KMPMPL salah kordinator aksi, Rispan Latuanda, Spd.Mpd mengatakan, aksi tersebut digelar mengingat hasil sosialisasi yang dilakukan oleh PT. Asmindo kepada masyarakat dan mayoritas Kepala Desa, Pemerintah Kecamatan bersama masyarakat menolak kehadiran PT. Asmindo dengan pertimbangan hukum serta dampak kesehatan dan keselamatan pengendara lalu lintas yang akan ditimbulkan dalam kegiatan perusahaan.

“Kami minta Pemda dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Konsel, untuk tidak memberikan ruang atau izin terkait penggunaan jalan umum sebagai jalan hauling perusahaan PT. ASMINDO, disebabkan kehadiran perusahaan tersebut lebih banyak memberikan mudhorat daripada asas manfaat bagi masyarakat umum terkhusus enam kecamatan di kab. Konsel” ujarnya.

Terkait adanya perbaikan jalan yang telah dilakukan oleh PT. Asmindo, pihaknya juga meminta agar Dinas Pekerjaan Umum Konsel menghentikan aktivitas perbaikan jalan itu karena belum mendapat izin dari Pemda.

“Jika tidak diindahkan, kami akan blokade akses jalan yang rencananya akan dilalui PT. Asmindo,” tegasnya.

Menanganggapi hal itu, Kabag pemerintahan Konsel Irsan Halim Mangidi, S.Stp, PLH Dinas PUTR, bersama massa aksi sepakat hentikan aktivitas PT. Asmindo sebelum memperoleh izin.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam berita acara, dimana Pihak Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan akan menghentikan seluruh aktivitas yang dilakukan PT. Asmindo sebelum memperoleh izin.

Selain itu, Pemda Konsel sepakat akan melibatkan masyarakat untuk tidak memberikan izin alih fungsi jalan kepada PT. Asmindo dengan alasan apapun.

Berita acara itu ditandatangani oleh, Kepala Harian Setda Konsel, Irsan Halim Mangidi, Plh. Kadis Pekerjaan Umum, Evi Susanti Azis, Plt. Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Asman dan perwakilan massa aksi, Purnomo, Rikki Abdullah, dan Iswan Sapar.

Korwil Sultra (Is One)

Komentar

News Feed