oleh

Napi Di Lapas Muara Enim kekurangan Air Bersih

-Tak Berkategori-72 views

Muara Enim (JKN) Memasuki musim kemarau pada tahun ini, para Napi dan Tahanan di Lapas klas II B Muara Enim Mengalami kekurangan pasokan air bersih.

Air bersih yang selama ini di suplay dari sumur Bor yang ada di Lapas juga tidak berpungsi sebagaimana mestinya,ada kemungkinan mesin pompa sumur Bor dalam keadaan rusak.

Ketika para awak media berkunjung kelapas ini Jumat (4/5).untuk memastikan kebenaran kabar tentang tidak adanya air bersih di dalam Lapas beberapa hari belakangan ini.
Kedatangan para awak media ini disambut langsung oleh Kalapas Kelas II B Muara Enim, Rudik Erminanto Bc.IP.SH.MH.

Dari Kalapas inilah para awak media mendapatkan penjelasan tentang informasi tidak tersedianya air bersih dan adanya indikasi pungutan liar didalam lapas yang dilakukan para pegawainya,untuk alasan membeli air bersih dari luar dan para Napi harus menyetorkan sejumlah uang dari tiap-tiap bloknya kepada petugas.

” itu kabar yang tidak benar,tentang adanya pungli di lapas ini,kalian boleh tanya sama para tahanan di lapas ini dan sumur bor di lapas memang sedang tidak dapat di pungsikan, karena terkendala kerusakan dan yang pasti kami kekurangan stok air bersih. dari itulah para tahanan punya inisiatif untuk membeli sendiri dengan cara membeli pertangki di PAMD.” Tukas Rudik Erminanto.

Sementara itu para awak media mendengarkan langsung keterangan dari salah satu Napi di Lapas ini,sebut saja An (34).

” kami tidak ada air memang benar dan dengan inisiatif kami sendiri untuk membeli air bersih tersebut karena kami butuh air,dengan cara patungan sesama napi untuk membeli air dan itu tidak benar juga kalau kami di paksa untuk membeli air, itu inisiatif kami sendiri di dalam kamar dan blok- blok di lapas ini.” Imbuh Pria ini.

Setelah mendapat penjelasan dari Kalapas kelas Ii B Muara Enim dan para Narapidana yang dibina disini,berarti informasi pungli di Lapas Kelas II B,yang bertempat di Kabupaten Muara Enim,Sumatera Selatan ini,tidaklah benar adanya dan sudah di konfirmasi oleh para awak Media dengan Kalapas Rudik Erminanto serta salah seorang Kepala Regu Apriadi,yang sedang bertugas juga beberapa perwakilan dari Nara Pidana yang ada di Lapas Kabupaten Muara Enim ini.

Masyarakat mendapat informasi dari dalam Lapas Kelas II B Muara Enim ini,bahwa para napi tidak mendapatkan air bersih di dalam lapas.dan juga ada isu tentang adanya pungutan liar dengan dalih untuk membeli air bersih dari luar lapas.

Semoga sangahan dari Kalapas dan para petugas dari Lapas adalah benar adanya dan para narapidana yang sedang dibina disini terjamin selalu hak-haknya,karena Negara telah mengangarkan segala biaya yang diperlukan dalam membina kembali para napi,termasuk didalam Lapas Kelas II B Muara Enim ini.(Ags)

Komentar