oleh

Musim Penghujan, Ini Imbauan Kapolsek Pronojiwo

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG – Di Musim penghujan masyarakat dihimbau berhati hati saat bepergian. Terutama saat melalui di titik titik rawan longsor serta pohon tumbang.

“Kepada semua masyarakat Agar selalu berhati hati dan waspada saat musim penghujan agar selamat samapai tujuan,” imbau Kapolsek Pronojiwo polres Lumajang, IPTU Basuki Rachmad, Selasa (4/2/2020).

Kita mengacu pada wilayah yang lain, menurut Basuki, yang mana, musim hujan saat ini, memang niat kita sebenarnya memintak hujan yang barokah, tapi kalau hujan tiap hari apalagi hujannya deras sekali disertai angin maka sangat rawan dengan adanya tanah longsor dan bencana banjir.

Lanjut Basuki, jadi masyarakat supaya betul betul waspada apabila keluar rumah. Selain itu, dengan selalu melihat situasi, seperti apa. Kalau itu angin kencang, hujannya sangat deras lebih baik berhentilah ditempat yang sekiranya tempat itu aman. Aman bagi dirinya sendiri, juga kalau bisa keluarga kita juga diimbau agar selalu waspada.

“Supaya tidak terkena bencana alam longsor atau pohon tumbang serta banjir”, ujarnya.

Ia bersyukur, bahwa sampai saat ini, dirinya mengaku kalu di wilayah Pronojiwo sampai saat ini untuk pohon tumbang hanya kemarin saja. Itupun bukan pohon besar, hanya seperti ranting, dan segera dapat di selesaikan dengan kehadiran TNI polri dengan dibantu masyarakat yang akhirnya cepat mengevakuasi,” tidak menyebabkan macet arus lalulintas malang lumajang dan sebaliknya lancar dan terkendali.

Berbicara terkait masalah banjir. Saat ini debet air yang berada di curah kobokan, Basuki mengaku selulu mengadakan pengawasan,” kita adakan pengawasan monitoring, karena memang di wilayah itu rawan banjir. Namun hingga saat ini masih belum ada ciri ciri debet air yang tinggi. Jadi saat ini terbilang aman bagi kendaraan yang melintas di wilayah curah kobokan”, akunya.

kalau seandainya jalan piket nil itu terjadi longsor, masih ada jalan alternatif,” ya curah kobokan, curah kobokan salah satunya jalan pintas, kalau memang dipiket nol itu longsor, maka jalan satu satunya adalah melewati curah kobokan dan kali Lanang”, jelasnya.

IPTU Basuki Rachmad menegaskan kalau hingga saat ini diwilayahnya masih aman dan lancar,” Jadi sampai sekarang wilayah Pronojiwo aman dan lancar”, tegasnya.

(Riaman)

 

Komentar

News Feed