oleh

Lagi-Lagi Lombok Di Guncang Gempa Berkekuatan 7,0 SR Berpotensi Tsunami

NTB, JKN – Lagi-lagi Gempa Bumi berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berpotensi tsunami.

Episenter gempa bumi berada di 8.37 Lintang Selatan,116.48 Bujur Timur dengan kedalaman 15 kilometer. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan daerah Lombok Barat bagian Utara dan Lombok Timur bagian Utara berstatus waspada.

Maka dari itu, Sutopo mengimbau kepada warga yang tinggal di daerah tersebut untuk menjauhi pantai karena gempa bumi ini berpotensi tsunami.

Pusat gempa terletak di 8,3 lintang selatan, 116,48 bujur timur Kabupaten Lombok Utara dengan kedalaman 15 kilometer.

Penduduk Lombok merasa panik dan gusar karena Banyak bangunan yang runtuh akibat gempa, bahkan Pulau Bali sangat merasakan imbas dari gempa tersebut.

Yang paling parah di Mall Bali Galeria simpang siur (patung dewa ruci). terlihat areal parkir hancur luluh lantah, barang-barang berserakan. Pengunjung panik lari ketakutan menyelamatkan diri.

Selang beberapa lama kembali terjadi gempa susulan tapi tidak sedahsyat yang pertama. Salah satu pengunjung Mall Galeria simpang siur warga dari Banyuwangi “Deri” menelpon saudaranya yang kebetulan wartawan, mengabarkan adanya gempa di Lombok.

Bukan itu saja, akibat dari gempa di Lombok, Banyuwangi juga kena imbas getaran gempa, penduduk merasa kaget di kira ada apa, ternyata ada gempa di Lombok
(ted )









Komentar

News Feed