oleh

Kunker Kepala BNNP Malut Ke Halsel Untuk Sosialisasi Pencegahan Narkoba, di Sambut Baik Forkompinda

Berita sidikkasus.co.id

Halsel – Kepala Badan Narkotika Nasional Perwakilan Maluku Utara (BNNP Malut), Brigjen Pol Drs. Edi Swasono di dampingi Kabag P2M dan Kabid Rehabilitasi melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Halmahera Selatan (Halsel) pada Kamis (27/2/2020).

Dalam kunker tersebut di sambut baik oleh Bupati Halsel, Bahrain Kasuba dan Sekertaris, Helmi Surya Botutehe beserta pejabat teras Pemkab Halsel di Aula Kantor Bupati dan di hadiri langsung oleh, Forkompinda, Sekwan, Pimpinan Oraganisasi Perangkat Daerag dan para Camat dan Kades Se-Kabupaten Halsel, dalam pertemuan itu Kepala BNNP Malut sosialisasikan strategi kebijakan P4GN.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuhnya dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kabupaten Halmahera Selatan. Selanjutnya paparan Kepala BNNP Malut yang membeberkan permasalahan Narkoba yang sudah darurat di Indonesia sehingga penting untuk dilakukan langkah pencegahan dan pemberantasan.

Di hadapan peserta dengan jumlah mencapai 400 orang ini, kepala BNNP juga mengingatkan tentang rehabilitasi bagi penyalah guna yang merupakan bagian dari strategi agar tidak ada lagi permintaan akan Narkoba sehingga tidak ada suplai. Untuk para Korban, rawat inap di RSUD adalah sebagai salah satu solusi bagi putusan hukum rehabilitasi (Compulsary) maupun secara sukarela (Voluntary).

Lanjut dia, selain itu diingatkan sebagai strategi proxy war, mengingat harga narkoba di luar negeri seperti cina sangat murah dan diperdagangkan di Indonesia dengan harga yang mahal, penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba sangat mudah menyasar generasi muda. Strategi pencegahan melalui pendidikan adalah salah satu solusi mulai dari tingkat Paud/TK sehingga akan membekas sampai mereka dewasa. Pelaksanaan desa bersinar juga menjadi poin penting pemaparan kepala BNNP Malut, diingatkan kepada para kepala desa agar pemanfaatan dana desa memasukkan program p4gn menjadi prioritas dalam rencana kerja pemerintah Desa dan dianggarkan melalui anggaran pendapatan belanja desa.

Menurut Jendral Bintang Satu, dukungan DPRD dan Pemerintah mulai Kabupaten sampai Kecamatan dan desa sangat penting melalui penetapan regulasi yang mendukung upaya P4GN seperti Perda/Pergub tentang Pencegahan melalui pendidikan, pelaksanaan rehabilitasi bagi penyalahgunaan narkoba dan regulasi penetapan Desa bersinar sehingga bisa dijalankan oleh seluruh unsur masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga diserahkan plakat dari Brigjen Edi Swasono kepada bapak Bahrain kasuba dan sebaliknya dan dilanjutkan tes urine kepada sejumlah 47 ASN dan Pejabat serta 43 Kepala Desa dan Operator Desa Siskeudes di Kabupaten Halmahera Selatan. (savi)

Komentar

News Feed