KPUD Bondowoso Mulai Tahapan Pelipatan Surat Suara Pilbup 2018

Tak Berkategori

Bondowoso – (JKN)
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, tahun 2018 sudah mulai mensortir dan melipat surat suara, Hal ini disampaikan oleh komisioner KPUD Junaidi yang didampingi oleh Komisioner KPUD SDM dan Parmas, Lilik Ermawati kepada beberapa media di aula kantor KPU Bondowoso, Jum’at (11/05/2018).

Menurutnya, pelipatan surat suara tersebut, dilakukan di gudang depan SMP Negeri 5 Bondowoso, hingga beberapa hari kedepan dengan pengamanan ketat oleh Polres dan Satpol PP,

“Untuk pelipatan surat suara, dijadikan 35 kelompok dan setiap kelompok dibagi menjadi 4 orang. Proses pelipatan itu, mendapat penjagaan ketat dari sekretariat KPU, tim Kepolisian, TNI, dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Panwas Bondowoso,” ujarnya.

Lebih lanjut Komisi one KPUD, surat suara yang di sortir dan dilipat yaitu, surat suara untuk Pilkada atau Pilbup saja,

“Surat suara yang dilipat di sini hanya untuk yang Pilkada, sedangkan yang untuk surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) pelipatan dilakukan di KPU Provinsi, ” jelasnya.
Beliau juga mengatakan, bahwa total surat suara yang dilipat dalam pilbup 2018 sekitar 593.937 atau setara dengan total DPT Bondowoso 578.741 ditambah cadangan 2,5 persen.

“Surat suara ini akan disebar di 1.500 TPS di Bondowoso, dengan jumlah cadangan masing-masing 2,5 persen,” katanya sambil mengimbuhkan, untuk logistik baru surat suara yang datang.
Sementara logistik yang lain akan datang secara bertahap, “tuturnya.

Dijelaskan pula, Komisioner KPUD SDM dan Parmas tersebut, bahwa surat suara pilbub itu dari PT. Solo Murni sebanyak 298 box.

“Surat suara ini nantinya dijaga ketat sampai menjelang hari pesta demokrasi masyarakat Bondowoso,”pungkasnya. (yus)

Komentar