oleh

KPU KAB CIREBON GELAR BIMTEK PILKADA

-Tak Berkategori-88 views

CIREBON, JKN – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat serta memberikan informasi tentang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak yang akan di laksanakan bulan Juni mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon mengadakan Bimbingan Teknik kepada beberapa komunitas yang ada di masyarakat di salah satu Hotel di bilangan Jl.Tuparev Cirebon pada tanggal 4-5 April 2018.

‘Acara ini dimaksudkan untuk memberikan Edukasi dan Informasi kepada masyarskat terkait pelaksanaan pilkada pada bulan Juni mendatang, melalui komunal yang ada di Kabupaten Cirebon yang telah mengikuti proses seleksi,’ ujar Saefudin Jazuli yang merupakan ketua panitia kepada Jejak Kasus News Kamis (5/4) pagi.

Masih menurut Saefudin Bimtek Pelaksanaan sosialisasi oleh Civil Society ini yang di ikuti tujuh komunitas tersebut untuk mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon Tahun 2018 sekaligus memberi pemahaman terkait Pilkada kepada setiap elemen masyarakat yang majemuk.

‘Peserta yang hadir ada tujuh komunitas hasil seleksi kemaren seperti dari Aliansi Perempuan Disabelitas Lansia/APDL, Aisyiah Kabupaten, Sketsa Pribumi termasuk Karang Taruna. Mereka ini di harapkan mampu memberikan Sosialisasi kepada Masyarakat Terkait Pilkada dengan cara mereka sendiri. kami dari KPU hanya memberi materi dan Pelatihan,’ Jelas Jazuli di dampingi rekan lainnya KPU Kabupten Cirebon di sela Acara.

Partisipasi masyarakat Kabupaten Cirebon dalam Pilkada menurut data saat ini hanya Empat Puluh Enam Persen padahal jumlah angka yang Ideal menurut KPU Pusat sekitar Tujuh Puluh Tujuh Kona Lima persen. Hal ini di sebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya sikap Apatis yang di tunjukan pemilih atau masyaralat terhadap dunia politik dan khusus Daerah pedesaan terutama kaum marjinal harus lebih maksimal dalam memberikan sosialisasi kepada mereka hal ini disebabkan persepektif atau cara pandang mereka terhadap pesta demokrasi di sinyalir masih rendah.

‘Kita memiliki 40 PPK ditingkat Kecamatan,424 PPS dan 2 Agen di tiap Kecamatan dan unsur pendukung lainnya yang siap melaksanakan hajat Pilkada Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan baik dan lancar dan di harapkan tingkat partisipasi pemilih bisa meningkat,’ Pungkas Saefudin Jazuli saat di mintai harapannya.

Penulis : Hafidz/Abdul R/JKN

Komentar