KOREM 121/ABW LAKSANAKAN LATIHAN POSKO 1 TAHUN 2020

Berita sidik kasus.co.id

Sintang – Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama laksanakan Latihan Posko 1 di Korem 121/Abw, dengan di damping Kapok Sahli Pangdam XII/Tpr, Brigjen TNI Ita Jayadi, para Pa Sahli, Aster Kasdam XII/Tpr, Pabandyalat Sopsdam XII/Tpr, Pabandya Pam Sinteldam XII/Tpr, dan Tim dari Rindam XII/Tpr. sebagai Penyelenggara. Latihan Posko 1 Korem 121/Abw T.A 2020 ini, Bertempat di Makorem 121/Abw Jl. Pangeran Kuning No: 1 Sintang – Kalbar. Sabtu (28/11).

Adapun pelaku dari kegiatan latposko ini, Danrem 121/Abw Brigjen Tni Ronny S. A. P., Kasrem 121/Abw Kolonel Kav Aloysius N. H, Para Kasi dan para Pasi Korem 121/Abw.
Plh. Kapenrem 121/Abw Mayor Inf Supriyono menyampaikan Latihan Posko I yang akan dilaksanakan sekarang ini, merupakan pelaksanaan dari salah satu kegiatan latihan yang sudah di persiapkan pada program kerja tahun 2020, Kegiatan latihan ini memiliki arti yang penting dan strategis bagi peningkatan dan pemeliharaan kemampuan serta sebagai upaya peningkatan kualitas profesionalisme prajurit dan satuan secara kelembagaan guna menjawab tantangan tugas kedepan.

Latihan Posko Satkowil pada prinsipnya melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf Satkowil dihadapkan dengan tugas membantu pemerintah daerah dan hubungan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka OMSP sehingga materi latihan posko Satkowil sebagai berikut yaitu Membantu Kepolisian Negara RI dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam Undang-undang, Membantu Pemda dalam menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dan Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (SAR).

Latihan ini semakin bernilai strategis, jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Korem 121/Abw sebagai komando kewilayahan di daerah yang secara fungsional bertanggung jawab menjamin terpeliharanya stabilitas di wilayah Kalimantan Barat, terutama bila dihadapkan kepada tugas yang akan dihadapi yang senantiasa dipengaruhi oleh dinamika perubahan sosial dan derap pembangunan dengan berbagai implikasinya, baik positif maupun negatif yang semakin komplek, rumit dan terkadang sulit diperkirakan arah, sifat maupun bentuknya.

Tantangan tugas yang demikian, menuntut setiap aparat teritorial di wilayah ini untuk meningkatkan kualitas profesionalisme dan kinerjanya sesuai dengan tantangan tugas yang di hadapi.

Tingkatkan profesionalisme dan pemahaman terhadap perkembangan situasi serta prosedur yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan tugas, Hal ini akan sangat menentukan bagi keberhasilan aparat teritorial dalam menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang kondusif bagi upaya pembinaan teritorial guna mendinamisasikan kehidupan masyarakat untuk meningkatkan ketahanan yang mampu mendukung terciptanya stabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Oleh karena itu Latihan Posko I ini diharapkan bisa mengukur sejauh mana kemampuan yang telah dimiliki prajurit Korem 121/Abw selama ini, kemudian memperbaiki dan menyempurnakan segala kekurangannya agar mampu memberikan sumbangan bagi keberhasilan tugas di lapangan tutupnya.

*(AHMAD REZALY.S)*

Komentar