oleh

Kodim 0825 Banyuwangi Launching Kampung Donor Darah Di Desa Sumber Gondo

-Tak Berkategori-97 views

BANYUWANGI, ( JKN) – Launching Kampung Donor Darah di Desa Sumbergondo ini, untuk pertama kalinya dilaksanakan di tingkat desa. Dan pertama kalinya di tingkat Kecamatan di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut dituturkan oleh Hariyadi Sugito, Perwakilan dari PMI Cabang Banyuwangi, Selasa (27/03/2018).

Lanjut Hariyadi Sugito, kegiatan semacam ini kalau dilestarikan akan dapat memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Banyuwangi selama satu tahun.

“Karena untuk tahun 2017 kemarin target untuk pemenuhan donor darah adalah lebih kurang 18.000 kantong darah dan kami mencapai 21.000 kantong darah untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

“Sungguh ini merupakan kegiatan yang mulia dan moment-moment semacam ini harus terus digalakkan di Kabupaten Banyuwangi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kades Sumbergondo (Norman Iswandi) menyampaikan bahwa di Desa Sumbergondo itu ada 3 wilayah dusun, untuk Dusun Salamrejo diberi nama Kampung KB, Dusun Gunungsari diberi nama Kampung Donor Darah yang saat ini sedang dilaunching dan Dusun Kalisepanjang diberi nama Kampung Perkebunan.

Dikatakan Norman, yang melatarbelakangi Kampung Donor Darah ini adalah supaya warga Desa Sumbergondo itu bisa mendeteksi sedini mungkin bahwasanya mereka itu mempunyai golongan darah O, A, B, atau AB.

Karena menurut PMI Cabang Banyuwangi golongan darah AB ini mahal sekali dan sulit sekali. Harapan kita mudah-mudahan peserta donor darah yang dalam hal ini warga Desa Sumbergondo ini golongan darahnya banyak yang AB.

Selain itu, Kades Sumbergondo juga memberikan apresiasi kepada warganya yang telah sadar dan bersosialitas sebagai seorang negarawan, nasionalis, patriotisme yang diwujudkan dengan mendonorkan darahnya.

Sedangkan Dandim 0825 Banyuwangi (Letkol Infantri Ruli Nuryanto) pada momentum tersebut mengharapkan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut dan Desa Sumbergondo bisa menjadi pelopor desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Karena ini merupakan kegiatan sosial yang sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah. (Erwin)

Komentar