oleh

Ketua Darma Wanita UPTD Dinas Pendidikan, Berkunjung Ke LAPAS Banyuwangi

-Tak Berkategori-64 views

BANYUWANGI , JKN – Jum’at, 20/4/2018.
Penjelasan dari Ibu Purwanto selaku Ketua Darma Wanita UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuwangi, mengatakan terus terang dari saya pribadi kita adalah Darma Wanita ada sumbangan seikhlas
nya setiap ada pertemuan setiap bulan secara kebetulan ini bersamaan memperingati hari Ibu Kartini jadi kita mengadakan acara kunjungan di Lapas Banyuwangi.

Secara tiba – tiba spontanitas kaget semua temen – temen dari ibu Darma Wanita baru kali ini seumur hidup saya bisa untuk menyempatkan diri datang ke LAPAS tersebut.
Ternyata setelah sampai di LAPAS betul – betul fi liar dugaan kami, yang tadinya saya tahu dari luar membayangkan bagaimana keadaan LAPAS yang sebenarnya di dalam itu sangat menakutkan dan ngeri, jawabnya.

Apalagi kita tahu di acara Televisi setiap kali kita lihat bagaimana suka dukanya para penghuni di LAPAS, tidak bisa kita bayangkan betapa menderitanya mereka apalagi langsung masuk di blok binaan wanita sangat memperihatinkan ada abg – abg dan saya ada salah satu pengurus LAPAS tadi pernah ada kunjungan dengan saya ke suatu tempat lokalisasi di Singojuruh, disana kita semua rasanya terenyuh dan sangat memperihatinkan.

Maka rasa was – was ibu Darma Wanita di ajak keliling ketempat para binaan wanita dengan tujuan untuk melihat aktivitas berbagai kegiatan yang setiap hari lakukan disini ada juga yang masih belia, bahkan banyak abg – abg yang kronologisnya terjerat narkoba. Beberapa ada hasil pengrajin dari binaan wanita yang di lihat oleh ibu Purwanto terus sekalian memuji hasil karya mereka namun sedikit atas sarannya bahwa kita ini di uji oleh Alloh swt. untuk pembelajaran kita semua ini suatu teguran maka harus bersabar dan ikhtiar smoga apa yang kita lakukan mudah – mudahan mendapat hidayah.

Habis disitu diteruskan keliling ke tempat binaan pria sampai melihat banyak pula kegiatan yang positif tentunya ada seni karya ukiran dari kayu, ada penjahit, dan seni musik Grup Band KAPOX.
Maksud dan tujuan adalah yang kami inginkan hanya berbagi kasih, sama penghuni LAPAS disini dengan rasa kemanusiaan dan membagi sedikit rezeki yang kami kumpulkan setiap bulannya, imbuhnya.

Dalam menginjak acara Grup Band KAPOX mau di mulai terlebih dulu KALAPAS. K. Akbar Herry. A.A. Md. IP, SH, MH. dalam pidatonya mengatakan saya ucapkan terima – kasih pada rombongan atas kepeduliannya dan perhatiannya.
Saya di sini tidak berdiri sendiri untuk melaksanakan tugas saya memerlukan staf Pemerintah Daerah dan bermasyarakat untuk bisa hadir di sini untuk memberikan pelatihan – pelatihan atau memberikan kegiatan – kegiatan bagi keluarga binaan kami itu perwakilan dari masyarakat, walaupun ibu – ibu yang datang ke LAPAS ini adalah salah satu wakil dari bapak – bapak yang bermasyarakat, paparnya.

Oleh karena itu saya tadi melihat ibu – ibu membawa banyak bingkisan yang sengaja di peruntukan bagi penghuni LAPAS di sini.
Dan mudah – mudahan apa yang menjadi untuk ibu – ibu atas kunjungannya saya sampaikan banyak terima kasih.
Untuk kami saat ini kondisi jumlahnya 851 warga binaan dan blok wanita kurang lebih 50 dalam kondisinya sehat – sehat saja.

Untuk kegiatan jum’at kita lakukan senam erobik bersama diteruskan untuk kerajinan di Aula sangat baik dan semakin giat untuk aktivitas yang sifatnya segi positif lebih kita tingkatkan lagi, agar supaya kami latih untuk berkarya dari segi kerajinan yang berkwalitas.
Ini saya lakukan demi mereka yang mau giat bekerja suatu karya dan kemauan supaya bisa mandiri suatu saat nanti mau keluar dari LAPAS ini, ungkapnya. (Edi )

Komentar