oleh

Kelompok Tani Desa Kolono Mendapatkan Sertifikasi dari “INOFICE”

Berita Sidikkasus.co.id

Morowali – Kelompok Tani ” Tora Mengkena ” Desa Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali telah mendapat Sertifikat Pertanian Organik dari INOFICE (Indonesian Organic Farming Certification).

Saat dikonfirmasi di Kantor Desa, Kades Kolono (NULFAI), “Peningkatan SDM Poktan dengan penerapan sisyem pertanian organik merupakan program Pemda Morowali dengan tujuan penyediaan pupuk organik, padi organik dan pendampingan kelompok tani dari INOFICE. Selain itu tujuan dilaksanakan pembinaan ini adalah agar petani bisa membuat pupuk secara mandiri dengan pemanfaatan potensi lokal tanpa ketergantungan pada pupuk kimia ” Ungkap pada Senin (25/01/2021).

2 kelompok tani Kabupaten Morowali, salah satunya Poktan Tora Mengkena Desa Kolono mendapat sertifikat pertanian organik dari INOFICE karena telah memenuhi standar penerapan sistem pertanian organik sesuai SNI 6729 : 2016 dengan ruang lingkup sertifikasi Beras Putih (White Rice), Pangkas Kades Kolono.

Menurutnya, pembiayaan pendampingan kelompok program sertifikasi Poktan menggunakan anggaran Provinsi sehingga dalam mendukung program ini, Pemdes Kolono menyiapkan lahan kurang lebih 3,8 Hektar untuk proses pembinaan. Pada tahun 2019, Pemdes Kolono mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp. 209.242.000 untuk optimalisasi seluas 20 hektar dan tahun 2020 menambahkan alokasi dana desa sebesar Rp. 300.250.000 seluas 30 hektar untuk pembinaan 4 kelompok tani termasuk Poktan Tora Mengkena. Perencanaan tahun 2021, Pemdes Kolono akan memfokuskan pada Petani Palawija, Penertiban hewan ternak dan bantuan nelayan.

Ketua Kelompok Tani “TORA MENGKENA” (YUSUP UKASA), saat dihubungi mengatakan bahwa Dirut PT. VALE Indonesia dan Mahasiswa Jurusan Proteksi Hama Universitas Tadulako pernah berkunjung untuk melihat hasil tanaman padi organik Poktan Tora Mengkena Desa Kolono dan saat ini hasil padi organik telah mendapat pengakuan dari INOFICE. Pada kesempatan yang sama, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali dan Pemdes Kolono atas dukungan program Sertifikasi Poktan serta lembaga sertifikasi organik (INOFICE) yang telah memberikan pendampingan dan penilaian kepada Poktan Tora Mengkena Desa Kolono sehingga diterbitkannya Sertifikat Pertanian Organik dan telah mendapatkan label untuk dipasarkan karena telah mendapat jaminan dari lembaga sertifikasi organik yang kompeten.

Peliput : Hamlan

Komentar

News Feed