oleh

Kapten Inf Ainur Rofiq : “Masyarakat Diharapkan Jaga Kelestarian Alam Sekitar”

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG – Danramil 0821/14 Pronojiwo Kapten Inf Ainur Rofiq, S.H., mengharapkan, agar masyarakat ikut menjaga kelestarian alam sekitar, sehingga dapat selalu memberikan manfaat sampai anak cucu kelak.

“Agar dapat memberikan sejuta manfaat sampai anak cucu kita kelak, masyarakat Pronojiwo diharapkan ikut menjaga kelestarian dengan melakukan konservasi alam berupa penghijauan,” harap Danramil 0821/14 Pronojiwo, Kapten Inf Ainur Rofiq, S.H., saat kegiatan penghijauan di kawasan hutang penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), di Dusun Ranu Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).

Rofiq juga menyampaikan, bahwa sebagai Aparat Teritorial (Apter), selain melaksanakan tugas kemiliteran, pihaknya juga berkewajiban membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan diberbagai bidang, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

“Melalui kegiatan penghijauan yang dilaksanakan secara rutin seperti ini, diharapkan mampu menjaga kelestarian alam yang ada, sehingga dapat memberikan manfaat yang menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi PTN Wilayah IV Pronojiwo TNBTS Wisnu Utoro mengatakan, bahwa selain untuk menjaga kelesrarian alam di areal hutan lindung, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjaga kerersediaan sumber air di dalam tanah, serta sebagai upaya konservasi alam yang rusak akibat dari usia.

Ia juga mengatakan, jenis tanaman yang ditanam dalam kegiatan tersebut antara lain jenis Bambu Petung, Kayu Samanea dan Kayu Bulu.

“Peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian alam sangat diperlukan, untuk itu diharapkan masyarakat tidak melakukan penebangan liar dan menggalakkan penanaman sejuta pohon di wilayah hutan lindung maupun lingkungan tempat tinggal,” pungkasnya.

Selain personel Koramil 0821/14 Pronojiwo, kegiatan penghijauan tersebut juga diikuti oleh personel TNBTS Pronojiwo, Kapolsek Pronojiwo bersama anggota, serta petani konservasi binaan TNBTS Pronojiwo.

(Ria)

Komentar

News Feed