oleh

Kapolda Malut Paparkan Kesiapan Peningkatan Tipe A di Hadapan Deputi Kemenpan-RB

Berita sidikkasus.co.id

JAKARTA – Kepala Polri Daerah Maluku Utara (Kapolda Malut), Brigjen Pol. Drs Rikwanto telah memaparkan kesiapan peningkatan Tipologi Polda dari Tipe B menjadi Tipe A di hadapan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan-RB bertempat dj Jl. Jendral Sudirman Kapling 69, Jakarta Selatan Pada Rabu (26/2/2020).

Informasi yang di himpun, pemaparan itu di hadiri oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonsia (Kemenpan RB), Rini Widyantini, S.H.,MPM yang di saksikan oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri, Irjen Pol. Drs. Hendro Sugianto dan Karo Lemtala Asrena Polri, Brigjen Pol. Drs. Yasdan Rifai, M.Hum.

Kegiatan yang dipusatkan di ruang rapat Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan-RB Jl. Jenderal Sudirman Kapling 69, Jakarta Selatan ini, dihadiri oleh Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol. Anang Syarif Hidayat, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Adnas, M.Si., dan sejumlah Pejabat Utama dan Kapolres jajaran Polda Malut.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Rikwanto dalam paparannya menjelaskan terkait dengan berdirinya Polda Malut itu pada tahun 2003, yang merupakan pecahan dari Polda Maluku seiring dengan pemekaran Provinsi Maluku Utara pada tahun 1999. “Dengan berdirinya Polda Maluku Utara pada tahun 2003, maka pada tahun 2020 ini Polda Malut genap berusia 17 tahun.” Ucapnya.

Pada usia Polda Maluku Utara yang sudah 17 Tahun, diharapkan dapat meningkatkan tipe Polda Malut menjadi Polda Tipe A, agar mampu berdiri sejajar dengan Polda-Polda lain di Indonesia dalam rangka menjaga dan meningkatkan situasi Kamtibmas yang kondusif di bagian Timur Indonesia.

Lanjut Jendral Bintang Satu, dari segi aspek geostrategis Provinsi Maluku Utara merupakan wilayah yang sangat penting dan merupakan jalur pintu masuk pelaku kejahatan, seperti kejahatan lintas batas, perdagangan orang, Narkoba, Terorisme, penyelundupan orang, perdagangan satwa liar yang dilindungi dan juga kejahatan Dunia Maya yang dimasa depan akan menjadi gangguan nyata. Peningkatan tipe Polda Maluku Utara dari Tipe B menjadi TIpe A, ditujukan untuk meningkatkan rasa aman dan rasa bangga masyarakat di wilayah Maluku Utara dan memperkokoh kondisi kamtibmas di wilayah bagian Timur Indonesia sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Meningkatkan kemampuan operasional kepolisian dan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat sejajar dengan polda-polda lain di Indonesia.” Ujarnya.

Menurut dia, dalam kesempatan tersebut dirinya juga memaparkan 9 (Sembilan) Dimensi dan 48 (empat puluh Delapan) Indikator faktor pendukung untuk meningkatkan Tipe Polda Maluku Utara Dari Tipe “B” Menjadi Tipe “A”. yakni Dimensi Geografi, Demografi, Sumber Daya Alam, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Harkamtibmas dan Kemampuan Kesatuan. 48 (Empat Puluh Delapa) Indikator, Inovasi dan Pelayanan Publik di Polda Malut dan Jajarannya, Program TGRM (Biro Ops), Samsat Apung (Dit Lantas), Sigado (Dit Narkoba), SKCK Keliling dan SKCK Delivery, sementara untuk Polres Jajaran. Polres Ternate dengan Program Polisi Mengajar, Polisi Dakwah, Pojok Baca, Simling Ceria, Pelita Gama Maitara, Tagar Pelita, Wanda Manis, Popeda, Café Bacirita, Polres Tidore Kepulauan Pokemon (Polisi Peduli Kebersihan Masjid), Bayu (Polisi Berbagi Senyum), Kasbi (Kami Selalu Bisa), Suba Jou Polisi Dakwah (Sidak), Patrascip, Suba Jou.

Sementara itu, Polres Halmahera Utara dengan program Camar Tobelo (Canga Maritim Tobelo), Perpustakaan kamtibmas, Polres Halmahera Barat Pojok Menabung (Polres Jailolo Keliling Menyambangi Warga Yang Berkekurangan), Pojok Sos (Polres Jailolo Keliling “Sambang Orang Sakit”), Pojok Kurma, Pojok Sekampung. Polres Morotai Bhabinkamtibmas Pendidik, Pelayanan Sim Keliling, Polres Halmahera Selatan, Populis 212, Transformer, Pamungkas, Jutawan, Teh Manis, Polbakdes, Siaaga. Polres Halmahera Timur, Pedal (Pengenalan Dunia Luar) Pada Suku Togutil, Pekan (Peduli Pendidikan) Pada Suku Togutil, Peka (Pembagian Berkat/ Bantuan) Pada Suku Togutil. Polres Halmahera Tengah, Faisayang, Jam Bersama Tim Gerak Revolusi Mental, Apeel Mas (Ayo Peduli Pelajar Dan Masyarakat). Polres Kepulauan Sula, Sp2hp Delivery, Pelayanan SKCK Pulau Terluar, Perpustakaan Apung, Sim Delivery, SKTLK.

Diketahui, Kapolda Malut, Pemaparan Kenaikan Tipe Polda Dari Tipe “B” Menjadi Tipe “A”, Diantaranya juga ada Kapolda Bangka Belitung dan Kapolda Gorontalo, Masing-masing Kapolda Memaparkan dengan Estimasi Waktu yang di berikan Selama 30 Menit. Dan kegiatan dilanjutkan Pemeriksaan data pendukung dan kelengkapan oleh Kemenpan RB, Rabu Pagi tadi. (savi)

Komentar

News Feed