oleh

KAJARI EVALUASI MASALAH RELOKASI DAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BARA LESTARI

-Tak Berkategori-111 views

MUARAENIM, JKN – Buntut panjang persoalan relokasi bedeng kresek,bukit mungu,karantina dan bedeng obak Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim yang dilakukan oleh perusahaan PTBA tak kunjung usai. Bahkan persoalan barupun muncul yaitu terkait permasalahan pekerjaan pembangunan perumahan bara lestari untuk dihuni oleh warga yang terkena relokasi tambang PTBA.

Awalnya janji manis diucapkan oleh perusahaan PTBA untuk membujuk masyarakat yang akan terkena relokasi segera menyetujui, akan tetap setelah pelaksanaannya dilaksanakan, janji manis tersebut seakan-akan hanya sekedar ucapakan lantaran teknisnya tidak demikian.
“Kata pimpinan tinggi perusahaan PTBA akan menyesejahterakan masyarakat yang terkena relokasi, tapi ketika dilaksanakan kata-kata untuk menyesejahterakan masyarakat itu tidak ada, malahan membuat masyarakat susah karena penbayaran ganti rugi ada yang belum selesai ditambah lagi rumah yang dijanjikan untuk kita dibara lestari sampai saat ini belum selesai dilaksanakan,” ujar Iyan kepada media ini. Kamis,(3/5/2018).

Ditambahakan juga oleh Rudi selaku warga talang gabus, ada keponakan saya yang terkena relokasi tambang tersebut. Jika ingin berkunjung kerumahnya yang baru dibara lestari, kondisi sekitar lingkungannya sangat memperihatinkan.
“Tolong kepada pemerintah dan perusahaan PTBA, jangan membuatkan kami semakin sengsara, kami ini masyarakat bodoh, tapi jangan dibodohi terus,” geramnya.

Sementara itu, salah satu kontraktor yang melaksanakan pembangunan perumahan bara lestari Andes ketika dikonfirmasi melalui whatshap mengatakan, kalau pekerjaan kami habisnya bulan 8 tahun 2018, tapi ada kontraktor yang telah habis yaitu kontraktor dari lampung saat ini mereka terkena adendum. Dan kontraktor dari lampung itu bertepatan pada pekerjaan cor beton.
“Perusahaan dari lampung yang terkena adendum, karena kami yang bekerja disini ada dua kontraktor,” ujar Andes.

Terpisah, Kejaksaan Negeri Kabupaten Muara Enim melaui kasih intel Abunawas ketika dikonfirmasi melalui Via Whatshap mengatakan, sekarang kita sedang evaluasi terhadap pekerjaan tersebut. Kalau lebih jelasnya silakan konfirmasi kepada pihak PTBA.
“Kita sedang melakukan evaluasi pekerjaan mereka,” ujar Abu.(tim)

Komentar