oleh

Kadis Pertanian Perternakan Dan Perikanan, Kita Tak Boleh Pesimis

-Tak Berkategori-79 views

MELAWI,(JKN)-Rabu 11-04-2018, mewawancarai kepala dinas pertanian peternakan dan perikanan kabupaten melawi kalimantan barat.

Drs. OSLAN JUNAIDI diskusi tentang kebijakan dan program ketahanan pangan beliau memaparkan kepada jkn bicara masalah program kita tidak perlu buat program yang muluk muluk,kita hanya ingin selalu berupaya bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya para petani agar bisa memahami dan merobah pola dari kebiasaan petani/berladang berpindah pindah menjadi petani semi modern.

“Ini memang pekerjaan yang sangat berat bagi pemerintah daerah dan kita harus oftimis bahwa sedikit demi sedikit kita sudah mulai bisa menjalaninya melalui penyuluhan penyuluhan dan bimmbingan lewat kelompok tani yang ada.

“Saya berharap selain kemauan dan keinginan petani itu sendiri mohon bantuan bimbingan dari rekan rekan LSM,ORMAS, serta peran dari media masa untuk mengempanyekan betapa pentingnya pertanian di dalam kehidupan kita.

 

Ditahun 2017 areal persawahan terdiri dari beberapa kelompok dari beberapa kecamatan di kabupaten melawi, total keseluruhan kurang lebih 300 ha yang melakukan panen raya rasio panen ber pariasi, kita ambil rata rata berkisar 3,5 sampai 4 ton per hektar.

“Melihat dari hasil yang di peroleh memang jauh jika kita bandingkan dengan pulau jawa dan sumatera tapi kita berupaya untuk meningkatkan hasil produksi dan kita harus bersyukur minimal hasil dari petani tersebut bisa untuk mengatasi kebutuhan desa itu sendiri.

“Saya yakin upaya ini kita laksanakan perlahan lahan beberapa tahun kedepan program program yang kita laksanakan akan berjalan lancar paparnya.(Tim).

Komentar