oleh

Hari Jadi ke 161 Kabupaten Sidoarjo Gelar Wayang Kulit

Berita sidikkasus.co.id

Sidoarjo – Pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Anom Suroto kembali menghibur masyarakat Sidoarjo dihari jadi Kabupaten Sidoarjo tahun ini. Kali ini dalang asal Surakarta Jawa Tengah tersebut menampilkan lakon Tumuruning Wahyu Keprabon. Ki Anom Suroto tidak sendiri dalam memainkan tokoh-tokoh pewayangan. Kolaborasi apik memainkan jalannya cerita disajikannya bersama Ki Bayu Aji yang tak lain anaknya sendiri.

Dan seperti tahun-tahun yang lalu, pagelaran wayang kulit semalam suntuk itu digelar di pendopo Delta Wibawa, Jumat, (21/2). Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH hadir membuka pelaksanaan pagelaran wayang kulit tersebut. Pembukaannya ditandai dengan penyerahan tokoh wayang gatotkoco oleh wakil bupati kepada dalang Ki Bayu Aji. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji serta anggota DPRD Sidoarjo Ali Sutjipto dan Sekda Sidoarjo H. Achmad Zaini hadir menyaksikan.

Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan digelarnya pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati hari jadi ke 161 tahun 2020 Kabupaten Sidoarjo. Pelaksanaannya rutin diselenggarakan setiap tahun dihari jadi Kabupaten Sidoarjo. Selain pagelaran wayang kulit juga ada berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo. Seperti kegiatan doa dan santunan bersama seribu anak yatim yang akan diselenggarakan besok Minggu, (23/2). Puncaknya kegiatan Delta Carnival. Kegiatan tersebut menampilkan keanekaragaman seni budaya Sidoarjo.

Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur tersebut mengatakan pagelaran wayang kulit tidak hanya menjadi hiburan semata. Ada teladan yang baik dari tokoh-tokoh pewayangan yang diceritakan oleh dalang. Dikatakannya keteladanan yang baik penting untuk dianut. Panutan terhadap hal-hal yang baik akan menuntun seseorang untuk berbuat baik pula. Untuk itu Cak Nur berharap pagelaran wayang kulit seperti dapat terus bertahan sebagai seni dan budaya bangsa yang membawa kebaikan. (Ron).

Komentar

News Feed