oleh

Hadapi Cuaca Ekstrim, Masyarakat Lumajang Diharap Tenang dan Waspada

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG – Danramil 0821/16 Rowokangkung Kapten Czi Heri Cahyono meminta, agar masyarakat tetap tenang dan waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada, agar tidak menimbulkan kepanikan dan keresahan di masyarakat,” ujarnya saat melaksanakan kegiatan karya bakti pembuatan tanggul darurat di tanggul Vak 12 Hak Guna Usaha (HGU) Pabrik Gula (PG) Jatiroto, yang berada di Dusun Genitri Kidul Desa Rowokangkung, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (5/3/2020).

Heri juga menyampaikan, bahwa sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 7 Ayat (2b) Poin (12), Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkewajiban untuk membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Untuk itu, kami selaku anggota TNI yang bertugas di wilayah akan selalu siap membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi,” katanya.

Selain itu, disampaikan dia, bahwa jebolnya tanggul Vak 12 HGU PG Jatiroto tersebut sebagai akibat dari tingginya curah hujan yang mengakibatkan air sungai meluap, sehingga menyebabkan jebolnya tanggul sepanjang 10 meter.

Ia menambahkan, bahwa mulai Rabu (4/3/2020) kemarin, pihaknya bersama dengan petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Alam (DPU SDA) Provinsi Jawa Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang dan masyarakat berupaya untuk membuat tanggul darurat dari sak berisi tanah, yang ditopang dengan pasak bambu agar lebih kuat.

“Semoga tanggul darurat ini dapat menahan aliran Sungai Jatiroto, sehingga tidak meluap dan membanjiri pemukiman masyarakat,” pungkasnya. (Ria)

Komentar

News Feed