oleh

Gubernur Jatim Berikan Bantuan Cash For Work Pada Korban Banjir Bandang Di Ijen

Berita Sidikkasus.co.id

BONDOWOSO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin menyerahkan secara simbolis kepada belasan warga terdampak banjir bandang di Desa Kalisat dan Desa Sempol, Kecamatan Ijen,di Pendopo Bupati. Kamis malam (30/01/2020).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, Suban Wahyudiono, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan tersebut merupakan program yang baru saja dicetuskan oleh Gubernur Jatim setelah mengunjungi lokasi dampak banjir bandang dan melaksanakan rapat koordinasi sore harinya maka diputuskan untuk menggelontorkan  program cash for work.

Bantuan senilai Rp 250 ribu tetsebut untuk setiap orang di dalam keluarga yang membersihkan rumah terdampak lumpur. “Jadi setiap orang mendapatkan Rp 250 ribu, kalau di dalam satu keluaga itu ada lebih dari satu orang ya tinggal dikalikan. Tapi, tidak untuk anak-anak. Disesuaikan dengan jumlah keluarga yang tertera di Kartu Keluarga, “ujarnya.

Diiharapkan bantuan sosial ini dapat mendukung masyarakat untuk melakukan kerja padat karya, membersihkan lingkungan dan rumah sendiri ,namun mereka dibayar karena tidak bekerja seperti biasanya. “Bantuan  ibu Gubernur ini kepada warga, karena biasanya kerja kemudian tidak bisa bekerja. Tentu ini untuk mempercepat proses pemulihan, dan menjamin kehidupan warga yang terdampak, “harapnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso , H.Syaifullah mengatakan bahwa setiap warga terdampak diberi bantuan sosial senilai Rp 50 ribu per orang perhari, dan ini untuk lima hari. Namun, tidak untuk anak di bawah usia 10 tahun. “Jadi setelah saya hitung tadi kurang lebih anggarannya hampir Rp 124 juta. 856 KK yang terdampak itu, kalau saya hitung satu KK tiga orang saja,namun batasan maksimal dalam keluarga 5 orang yang usianya diatas 10 tahun, “ungkapnya.

Menurutnya,untuk mengetahui jumlah anggota keluarga di setiap KK terdampak cukup menunjukkan surat keterangan dari Dispendukcapil. Manakala, Kartu Kelurga hilang karena banjir. “Ini program baru pertama kali di Indonesia,luar biasa, terimakasih kepada ibu Gubernur, terimakasih kepada seluruh masyarakat Bondowoso atas doanya, “tutur Sekda.

Sementara itu Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, mengatakan bantuan sosial diberikan diharapkan bisa meringankan  beban warga terdampak banjir. “Ini mendapat perhatian penuh dari Ibu Gubernur. Saya berharap apa yang diterima ini hendaknya dimanfaatkan, “tutur Bupati dihadapan para penerima.

Bupati juga meminta maaf karena sudah merepotkan mendatangkan para penerima ke pendopo , karena memang malam ini laporan harus diserahkan ke provinsi ,Setelah memberikan bantuan secara simbolis Bupatipun langsung bertolak berangkat ke Surabaya.

Kepala Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, menyampaikan, bantuan sosial cash for work ini sangat positif karena bisa membantu proses ekonomi warga selama proses pemulihan. “Mereka kan tidak bekerja selama proses pemulihan, dan membersihkan rumah. Jadi ini bantuan sosial diharapkan bisa meringankan warga,saya mewakili warga menyampaikan terimaksih kepada pemerintah kabupaten maupun povinsi, “pungkasnya.(yus/Adi)

Komentar

News Feed