oleh

Gedung Bundar Peninggalan Sejarah Perjuangan Masyarakat Cirebon Terbengkalai

-Tak Berkategori-89 views

CIREBON – JKN, Gedung Bundar namanya, bediri pada tahun 1920.
merupakan salah satu Cagar Budaya sesuai SK.Walikota Cirebon No.19 thn 2001.
keberadaan Gedung Bundar ini berdekatan dengan Lapangan Kebumen,
jelas bahwa monumen GB (gedung bundar) merupakan aset bangsa, salah satu peninggalan sejarah perjuangan bangsa khususnya Masyarakat Cirebon.

Dany Djaelany selaku Ketua GM FKPPI Kota Cirebon menjelaskan, GB Perlu dilestarikan karena mempunyai nilai sejarah yang dapat diingat sepanjang masa, oleh anak cucu kita. Bukan saja bagi kita sekarang ini, tetapi penting pula artinya bagi generasi yang akan datang.

Kami berharap kepada Pemerintah Kota Cirebon dan juga peran serta masyarakat agar lebih peduli akan keberadaan GB dan lapangan Kebumen untuk dapat di lestarikan dan dikembangkan menjadi area yang ASRI dengan melakukan pemeliharaan dengan baik.

Karena mengingat GB mempunyai nilai Sejarah yang tinggi. Pembangunan bukan saja membangun yang baru, akan tetapi pemugaran bangunan yang bernilai sejarahpun menjadi perhatian itu yang terpenting.

Kedepannya kepada Walikota / Pemkot Cirebon agar area tersebut dapat menjadi “taman kreatif Cirebon” sekaligus sebagai pendorong semangat usaha membangun Pontensi Kota Cirebon sebagai kota Perjuangan, Pariwisata, Budaya, Religius.

Dengan kemaun untuk maju kami yakin dan berharap kepada masyarakat Kota Cirebon untuk dapat memeliharanya dan mencegah perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan kerusakan baik pisik maupun nilai-nilai sejarah, Kata Dany menambahkan. ( 001- RATU )

Komentar