oleh

Forum Komunikasi Pemuda Kaltim utk Kedaulatan (FKPK-K)

Berita Sidikkasus.co.id

Kaltim –  Memandang bahwa proses dan pembentukan Badan Otorita Ibu Kota Nasional (IKN) yang di tetapkan melalui Perpres untuk cermat dalam penentuan nama Kepala Badan Otorita.

Selain itu, RUU IKN belum di ajukan kepada DPR RI. Hal ini harus segera di serahkan ke DPR RI, RUU IKN. Penting untuk di cermati bahwa penentuan Kepala Badan Otorita IKN akan menentukan keberhasilan transisi sejak dari sekarang tahun 2020 dan menuju Provinsi IKN definitif tahun 2024.

Kepala Badan Otorita IKN dan Struktur Badan Otorita IKN mengakomodasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim. Hal ini sangat penting mengingat lokasi IKN berada di Provinsi Kaltim. Pola hubungan antara provinsi IKN dengan provinsi Kaltim dan dengan Pemerintah Pusat di Jkt harus di kelola oleh SDM berkualifikasi nasional secara kompetensi, integritas, kepemimpinan – manajerial, memiliki jangkauan komunikasi yang baik antara pusat dan daerah, serta mampu memahami sosial kultur masyarakat Kaltim atau tempat di mana IKN berada.

Menyimak dengan seksama pernyataan Bapak Presiden RI yang menominasikan beberapa nama untuk mengisi Calon Kepala Badan Otorita IKN, antara lain Direktur Pertamina Basuki Thahja Purnama atau Ahok, Menristek RI Bambang Brodjonegoro, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Bahwa secara eksplisit tidak ada nama dari SDM Kaltim, dan secara tersirat dapat menimbulkan pertanyaan di dalam masyarakat apakah SDM Kaltim tidak layak masuk dalam nominasi? Bukan kah lokasi IKN ada di dalam wilayah provinsi Kaltim? Dan selayak nya turut pula memperhatikan keterwakilan Kaltim sebagai Kepala Badan Otorita IKN.

Dengan demikian kami meminta dengan hormat kepada Bapak Presiden Jokowi untuk mendengarkan aspirasi masyarakat Kaltim atas nama-nama Calon Kepala Badan Otorita IKN, dan semoga masyarakat Indonesia berkenan.

Kami FKPK-K mengajukan nama Kepala Badan Otorita IKN, yaitu :

1. Gubernur Kaltim Isran Noor

2. Dahlan Iskan mantan Menteri BUMN,

3. Rizal Effendi Walikota Balikpapan

4. Syaharie Jaang Walikota Samarinda

5. Prof Masjaya Rektor Universitas Mulawarman

*PERTIMBANGAN nama-nama sebagaimana di atas di ajukan sebagai Kepala Badan Otorita IKN :*

1. Gubernur Kaltim Isran Noor berpengalaman dalam birokrasi pemerintahan, berpengalaman sebagai kepala daerah di tingkat Bupati dan Gubernur. Selain itu sebagai perwakilan Pemerintah Pusat di provinsi, Gubernur Isran Noor memiliki hubungan kelembagaan yang baik dengan Pemerintah Pusat serta DPR RI. Gubernur Isran Noor pernah menjabat Ketua APKASI atau Asosiasi Pemerintah Kabupaten se Indonesia, dan skrg menjadi Wakil Ketua APPSI atau Asosiasi Pemerintah provinsi se Indonesia. Hal ini akan memudahkan seorang Kepala Badan Otorita mengelola IKN.

2. Dahlan Iskan sebagai tokoh nasional yang pernah tinggal di Kaltim sebagaimana kita ketahui bersama sudah sangat berpengalaman di nasional dan pernah mjd Menteri BUMN. Beliau seorang pemimpin – manajer yang penuh dg inovasi dan tidak di ragukan lagi kemampuan nya dan berhasil mengelola perusahaan pers secara nasional.

3. Rizal Efendi Walikota Balikpapan berpengalaman sebagai Walikota Bpp 2 periode dan mampu memahami sosial kultural masy di Kaltim dan daerah IKN. Kota Balikpapan di ketahui secara nasional sebagai kota yang cukup maju dan selama beliau memimpin Balikpapan, kondusivitas Balikpapan terjaga dengan baik serta Balikpapan semakin maju. Kemampuan beliau untuk mengelola Badan Otorita IKN tentu tdk di ragukan lagi.

4. Walikota Samarinda Syaharie Jaang telah berpengalaman mengelola pemerintahan di kota Samarinda selama 2 periode. Pengalaman beliau sangat penting sbg modal mengelola Badan Otorita IKN. Selain itu beliau mampu memahami sosial kultural masyarakat Kaltim dan daerah IKN.

5. Prof Masjaya Rektor Universitas Mulawarman 2 periode yang berpengalaman di dunia akademisi dan menguasai tentang konsep tata ruang kota. Prof Masjaya memiliki keahlian antara lain kebijakan tata ruang kota dan kebijakan publik. Kemampuan dan pengetahuan beliau sangat di perlukan dalam mengelola Badan Otorita IKN.

Demikian pernyataan ini kami sampaikan untuk dapat di terima oleh Istana Negara, yth Bapak Presiden RI Joko Widodo.

*Salam hormat kami kepada Masyarakat Indonesia*

TERTANDA,

*Forum Komunikasi Pemuda Kaltim untuk Kedaulatan (FKPK-K)*

*Bambang Prayitno Koordinator Presidium FKPK-K*. (mantan staf ahli Wkl Ketua DPR RI Fahri Hamzah / pemuda Kaltim)

Muklis Ramlan (Kordinator Ikatan Alumni Pemuda Lemhanas RI – pemuda Kaltim)

Viko Januardhy (Aktivis pemuda Kaltim)

Andi Busman (Aktivis pemuda kabupaten Kukar Kaltim)

Hendri Sutrisno (pemuda kabupaten PPU Kaltim)

Tri Anjaya (Aktivis Pemuda Kaltim)

Komentar

News Feed