oleh

FGBMFI SUPER RED ARWANA PUTUSSIBAU DAN KOMUNITAS LOVE BORNEO PONTIANAK BERBAGI KASIH DI DESA TEKUDAK

-NASIONAL, SOSIAL-406 views

KALBAR – (JKN). Kapuas Hulu, Sabtu 02 Juni 2018.Bertempat di Sekolah Dasar 04 Desa Tekudak Kecamatan Kalis (Kamis 31 Mei 2018), ada satu yang berbeda dimana hari itu ada kegiatan sosial dengan Berbagi Kasih Oleh FGBMFI Chapter Super Red Arwana Putussibau dan Komunitas LOVE BORNEO Pontianak kepada semua anak Rumah Baca Trans Kalis dan anak Binaan Rumah Baca Desa Tekudak.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Kapuas Hulu Kompol Raden Pratidiningrat, SIK.MH, Kapolsek Kalis Ipda. Febri Pardiansyah, Presiden Chapter Super Red Arwana Putussibau
FGBMFI dr. Ismawan Adrianto, Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Bapak Samsul Bahri. S.Pd, Kepala Desa Tekudak Bapak Dedi Ijuk, Ketua RT Trans Kalis Bapak Suripto, Guru SLB dari Putussibau Ibu Fitry Sumartini, S.Pd dan Ibu Eprosina Cakra Diana, S.Pd, siswa siswi SLB juga datang berkunjung ke Tekudak; Holis, Maman dan Randi (siswa Tunagrahita) dan Herman, Aulia, Aisyah, Cindy dan Rinya (siswa/i Tunarungu). Hadir juga anak Binaan Rumah Baca Trans Kalis sebanyak 45 orang, anak Binaan Rumah Baca Tekudak 30 orang, Para orang tua murid, Tomas,Todat dan masyarakat dengan jumlah total sebanyak 170 orang.

Kegiatan Berbagi Kasih tersebut diawali arakan Tarian Dayak menyambut Kedatangan Wakapolres Kapuas Hulu beserta rombongan. Acara dibuka dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan Peragaan Instrumen SAPE dari pengajar Tekudak ananda Imanuel, Peragaan Tarian Urang Dayak dimainkan oleh Anak Binaan Tekudak, Menyanyikan Mars Membaca, Pembacaan Puisi oleh ananda Tata dan penyerahan bantuan alat-alat tulis dari FGBMFI Chapter Super Red Arwana Putussibau kepada 65 anak di Desa Tekudak.

Rumah Baca Trans Kalis dan Rumah Baca Desa Tekudak dirintis oleh Bripka Belmi H.Siallagan,S.AP, ditengah kesibukanya sehari-hari sebagai Kanit Intelkam Polsek Kalis masih menyempatkan waktunya, tenaganya bahkan sebagian gajinya disisihkan untuk kemajuan pendidikan di Trans Kalis dan di Desa Tekudak.

“Visi saya mendirikan rumah baca ini untuk menggali minat baca anak saat usia dini, menggali bakat anak berupa seni dan budaya, menanamkan nasionalisme cinta tanah air, menangkal paham radikalisme khususnya di Kecamatan Kalis” terang Belmi.
“Rumah Baca Trans Kalis saat ini sudah berjalan 10 bulan, Rumah Baca Tekudak baru berjalan 1 bulan semua operasional untuk pengajaran kepada anak didik murni biaya sendiri, saya senang berada dekat dengan anak-anak, saya ingin mengubah mindset yang dulunya anak-anak takut sama Polisi menjadi senang berjumpa dengan Polisi ” Ujar Belmi dihadapan semua tamu dan undangan.

Dilain kesempatan Ketua RT Trans Kalis, Suripto dan Kades Tekudak, Dedi menyampaikan apresiasinya atas inovasi yang dibuat oleh Bapak Belmi, dihadapan tamu dan undangan karena sejak 10 bulan yang lalu pak Belmi merintis Rumah Baca di Trans Kalis anak-anak mendapat prestasi disekolah, anak-anak senang sama Polisi, anak-anak bisa belajar menari, anak-anak bisa lebih berkreasi dengan alat musik SAPE, anak-anak potong rambut semuanya difasilitasi oleh beliau dan semuanya gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Raden Pratidiningrat, SIK., MH mengatakan “kegiatan ini sangat baik untuk mencerdaskan bangsa, nanti kedepan buat laporan tertulis kita akan berupaya memberikan bantuan buku kepada anak-anak Binaan”. Beliau juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada dr. Ismawan atas kerjasamanya selama ini membantu dalam program Rumah Baca yang dibuat oleh anggota Polsek Kalis.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Ibu Fitry Sumartini, S.Pd yang sangat senang bisa hadir di acara Rumah Baca Tekudak dan senang bisa membawa anak didiknya ke Tekudak untuk bersosialisasi dan melihat semangat baca anak-anak di Desa Tekudak.

Dilain kesempatan dr. Ismawan selaku Presiden Chapter FGBMFI Putussibau menyampaikan terimakasih atas kedatangan Bapak Wakapolres, Kapolsek Kalis dan semua undangan, Ismawan mengatakan bahwa FGBMFI
adalah organisasi Internasional dengan kelompok orang yang sudah bekerja di berbagi Profesi tapi mau berbagi kepada sesama manusia yang membutuhkan dan tetap dalam ajaran kebaikan.

“Puji Tuhan saat ini saya dipercaya memimpin FGBMFI di Putussibau, Bapak Agus Setiawan sebagai Penasehat kami”

Ismawan mengatakan “kegiatan ini tidak ada sangkut paut dengan Politik karena ini murni berbagi Kasih dari FGBMFI, ini kali kedua FGBMFI Chapter Super Red Arwana Putussibau melakukan kegiatan ini pada bulan Pebruari 2018 yang lalu kita juga membagikan sepatu kepada anak-anak didik Trans Kalis, 2 minggu yang lalu bang Belmi mengungkapkan rencana baiknya untuk minta dukungan dari FGBMFI Chapter Super Red Arwana Putussibau untuk berbagi kasih pada akhir bulan mei 2018 di Desa Tekudak bertepatan dengan kunjungan Komunitas Love Borneo Pontianak ke Putussibau. Setelah bang Belmi menyampaikan niat baiknya tersebut, saya dan kawan-kawan FGBMFI Putussibau mencoba mendukung acara Berbagi Kasih di Desa Tekudak tersebut” Ungkap Ismawan.

Dalam kesempatan itu tersebut, hadir Rainaldo Ginting sebagai Tokoh Literasi Indonesia yang juga ketua Komunitas Love Borneo Pontianak membawa dan membagikan buku bacaan sebayak 100 buku bacaan untuk anak didik di Rumah Bacaan Tekudak.

Diakhir acara dr. Ismawan menyerahkan Piala Cindera Mata kepada Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Raden Ricky Pratidiningrat, SIK., MH. Yang mewakili Kapolres Kapuas Hulu. Dan Penyerahan Piala Cindera Mata dari Bripka Belmi kepada Bapak Samsul Bahri, S.Pd yang mewakili Kadisdikbud Kapuas Hulu yang berhalangan hadir. Setelah selesai penyerahan Cindera Mata, kemudian Acara ditutup dengan doa bersama. (Tim)









Komentar

News Feed