oleh

DUSUN SUKOREJO DESA SUKOMAJU KECAMATAN SRONO RESMI JADI KAMPUNG GURAMI

-Tak Berkategori-129 views

BANYUWANGI – ( JKN ). Minggu 21/4/3018, Dusun Sukorejo Desa Sukomaju Kecamatan Srono karena di kenal sebagai salah satu sentra budidaya ikan gurami, kali ini masyarakat setempat khususnya karang taruna bersama Pemerintahan Desa Sukomaju melaksanakan Festival ikan gurami, adapun pelaksanaanya tepat pukul 08.00 wib di Dusun Sukorejo.

Dalam acara ini di hadiri Kepala Desa setempat Wabup Yusuf Widyatmoko, Camat Srono Gatot Suyono, Kadisperipangan Hary Cahyo Purnomo, Kadispar Bramuda, beserta jajaranya sekaligus untuk meresmikan Festival Kampung Gurami, hadir juga Kapolsek Srono AKP Mulyono.

Festival tersebut di buka dan di resmikan langsung oleh Wakil Bupati Yusuf Wdyatmoko dalam hal ini beliau menjelaskan dalam mengembangkan potensi yang ada sekaligus meningkatkan pendapatan dan menjadikan tempat wisata edukasi, yang mana masyarakat bisa menyajikan masakan ikan gurami kepada pengunjung sehingga dapat membuat daya tarik tehadap wisatawan untuk berkunjung ke kampung gurami, “tuturnya.

Selain Kampung gurami, di resmikan juga Resto Pawon yang artinya tiap tiap rumah warga bisa menyediakan masakan ikan gurami, sehingga para pengunjung bisa menikmati sajian ikan gurami di setiap rumah warga di sini, “imbuhnya.

Kadisperipangan Hary Cahyo Purnomo dalam kesempatan ini juga memberikan penjelasan bahwasanya pasar gurami sendiri masih terbuka luas, khususnya pasar Banyuwangi permintaan ikan gurami setiap tahunya mencapai 100 ton, tak hanya gurami saja tetapi juga ikan patin, lele, dan ikan koi, ” ujarnya.

Dengan adanya gerakan seratus ribu kolam ikan, kami bersama sama pembudidaya ikan di sini akan meningkatkan lahan kolam ikan mencapai lima belas hektare ikan tawar untuk kita kembangkan di sini, untuk mengembangkan produksi ikan gurami sendiri juga membutuhkan peran aktif masyarakat,” imbuhnya.

Camat Srono Gatot Suyono mengaku dirinya sangat senang terhadap masyarakat Desa Sukomaju khususnya Dusun Sukorejo yang mana bisa mengembangkan potensi dengan baik terutama dalam segi pembudidayaan ikan gurami, sebelunya ada lima belas hektare kolam ikan gurami namun sekarang sekitar dua hektare yang di manfaatkan oleh masyarakat, jadi kita juga masih berusaha untuk mengembalikan warga dalam pemberdayaan ikan gurami, ” tandasnya ( Heri ).

Komentar