oleh

Dinas Pertanian Fokus pembangunan Sumber air diwilayah Pulau Taliabu

Berita Sidikkasus.co.id

BOBONG  – Kepala dinas pertanian, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maruf, SE kepada awak media, selasa, (25/2) di kantor bupati Taliabu mengatakan, di tahun 2020 dinas pertanian fokus membangun sumber-sumber air bagi petani.

“Kami fokus membangun sumber-sumber air berupa embung, tanah dalam, tanah dangkal dan sumuran, untuk petani bisa gunakan di musim kemarau yang panjang”kata Maruf Kepala Dinas Pertanian Pulau Taliabu.

Kata dia, titik fokus pembangunan sumber-sumber air diwilayah Pulau Taliabu sudah ditetapkan oleh Kementrian Pertanian yakni, dua unit di Desa Sahu, Kecamatan Taliabu Utara dan Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat satu unit.

“Jadi dibangun semacam sumur bor kemudian disiapkan penampungan airnya seperti tong air sehingga petani dorang bisa gunakan untuk menyiram tanamannya disaat musim kemarau”jelasnya.

Dijelaskan, Pulau Taliabu merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sumber air namun tidak sedikit lokasi-lokasi pertanian sulit mendapatkan air bersih.

“Daerah-daerah yang jauh dari sumber air, dibiking semacam embung (penampungan air) macam kolam yang akan digunakan petani pada musim kemarau”tandasnya,

Sayangnya, program ini belum merata, sehingga pembangunan sumber air tersebut baru dapat dilakukan sebagian besar di wilayah taliabu utara. (jak).

Komentar

News Feed