oleh

Deteksi Dini, Cegah Dini, Koramil 0821/14 Pronojiwo Bersilaturahmi dengan Tokoh Masyarakat

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG – Guna mendeteksi dini dan mencegah dini adanya kejadian dan permasalahan di wilayah teritorial. Koramil 0821/14 Pronojiwo, silaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat dan seluruh instansi kecamatan pronojiwo, bertempat di aula balai desa Pronojiwo, kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang, Jawa timur, Selasa pagi (10/3/2020) pukul 09.00 hingga selesai.

“Program Bin Jaring Ter ini sebagai ajang silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan semua lapisan masyarakat sebagai mitra karib TNI,” jelas Kapten Inf. Ainur Rofiq, S.H.

Menurutnya, untuk membangun kebersamaan dengan seluruh elemen masyarakat kita sebagai pemilik wilayah teritorial harus menyatu dengan mitra kita.

Kapten Rofiq menegaskan, hal itu bertujuan agar terbentuk kerja sama dan terbinanya mitra karib jaring teritorial yang sinergis,” tegasnya.

Dengan adanya silaturahmi tersebut, kata dia, akan mampu mendeteksi dini dan cegah dini, temu cepat lapor cepat, sehingga segala permasalahan yang timbul akan cepat terselesaikan.

” Kita dapat mengambil langkah langkah dan tindakan yang tepat dan tuntas setiap penyelesaian permasalahan”, ujarnya.

Karena fungsi teritorial, lanjut Kapten Ainur Rofiq, S.H., merupakan Center of Gravity kekuatan pertahanan, Karena salah satu fungsi dan tugas pokok Koramil menjaga wilayah pertahanan darat dilakukan melalui pembinaan teritorial, dan sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini semua dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tentram dan dinamis serta terpeliharanya kondusifitas wilayah,” jelas Rofiq.

Sementara dalam kesempatan nya, Kasdim 0821 Mayor Inf. Rinanto juga menjelaskan, tujuan kegiatan Peta Jarak Jaring Ter di Satkowil ini dilaksanakan adalah untuk mempererat dan memperkuat hubungan silaturahmi antara Babinsa dan mitra/masyarakat guna menjaga Kamtibmas dan kekuatan pertahanan NKRI, khususnya di daerah atau di desa.

“Melalui jaring informasi dan temu cepat tentang kondisi wilayah yang ada di suatu daerah dan di pedesaan, maka ketahanan dan kedaulatan NKRI di wilayah akan terjaga dan terpelihara,” ujarnya.

Kepada mitra karib jaring teritorial, Kasdim berharap, agar dapat berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan Babinsa guna mewujudkan keamanan dan kondusifitas wilayah,” pungkas Mayor Inf Rinanto. (Riaman)

Komentar

News Feed