DESA KEBONDALEM MENGGELAR MUSRENBANGDES TAHUN 2022 DAN PENETAPAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA (RKPDes) TAHUN 2021-2022

Berita didikkasus.co.id

Banyuwangi – Musrenbangdes tahun 2022 & RKPDes tahun 2022 berjalan dengan lancar dan aman sesuai harapan. Kegiatan MusrenbangDes ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah, dalam masa pandemi COVID 19. Semua berkat adanya sinergitas antara Kepala Desa,Perangkat Desa,BPD,LPMD, tokoh Agama, tokoh pemuda, PKK, Puskesmas , Pendidikan, dan masyarakat yang hadir. Walaupun ada sedikit perbedaan pendapat itulah namanya musyawarah mau tidak mau pasti ada perbedaan pendapat tapi semua pendapat intinya satu yaitu demi memajukan Desa Kebondalem kecamatan Bangorejo Banyuwangi Jatim. MusrenbangDes merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa”. Rabu 21/10/2020.

“Musyawarah menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Oleh karena itu Pemdes menggelar MusrenbangDes, identik dengan diksusi di masyarakat / tentang kebutuhan pembangunan Desa,” ucapnya.

“Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek antara lain ; Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, Bidang Pertanian, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bidang Koperasi, Bidang Tenaga Kerja, dan Bidang Pemuda dan Olahraga. Dengan “Kemandirian Ekonomi melalui Penguatan SDM dan Pariwisata”. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi ke MusrenbangCam, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran,” ulasnya.

Lebih lanjut, Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di level kecamatan, Kabupaten dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran desa dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan. Adapun harapan Pemdes Kebondalem masa pandemi COVID 19 segera berakhir dari Indonesia”, pungkas Kades Kebondalem Iksan. ( Joen)

Komentar