oleh

Camat Singojuruh Rangsang & Gerakkan Ekonomi Masyarakat Desanya

-Tak Berkategori-84 views

BANYUWANGI, JKN – Camat yang satu ini selalu kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya selalu ada saja ide-ide yang di buatnya. Kali ini Camat Singojuruh – Banyuwangi Mohammad Lutfi, S. Sos. M. Si. Rangsang masyarakatnya di Desa Gumirih dengan mengadakan kegiatan berjualan berbagai jenis makanan dan minuman.

Untuk kali pertama sebagai pemantik menggerakkan ekonomi masyarakatnya, menyediakan tenda – tenda kecil yang akan jadi stan berjualan bagi masyarakat itu sendiri. Di sebelah tenda – tenda disediakan tempat duduk dan meja untuk cangkru,an sambil menikmati jajanan dan minuman. Sementara jenis makanan dan minuman yang dijual adalah buatan masyarakat Desa Gumirih. Sehingga mau tidak mau walau satu minggu sekali adanya kegiatan tersebut bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Masyarakat Desa Gumirih dan Sekitarnya berbondong – bondong mendatangi stan berjualan kuliner khas Desa Gumirih

Kegiatan yang diberi nama Jajan Lelurung Blambangan Boulevard ( Jalur Bambu ), selain untuk gerakkan ekonomi masyarakat. Sengaja diadakan tiap malam Minggu dengan harapan agar muda – mudi Desa Gumirih lebih memilih bermalam Mingguan di Desanya sendiri. Yang mana orang tua bisa memantau anaknya dan tidak perlu was – was lagi karena anaknya tidak berkeliaran ke mana-mana.

” Ini sekedar untuk merangsang Pemerintah Desa dan masyarakat, untuk selanjutnya bila ternyata kegiatan ini dirasa punya nilai manfaat ekonomi, tinggal bagaimana Pemerintah Desa dan masyarakat nanti bisa melanjutkannya, ” ucap Camat Mohammad Lutfi yang sedang cangkru,an dengan warga dan tokoh Masyarakat.

Rupa – rupanya kegiatan di Desa Gumirih tersebut, menarik perhatian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ) Kabupaten Banyuwangi “Zen Kastolani” untuk hadir dan ikut cangkrukan.

Mura’i Ahmad, SE selaku Kepala Desa Gumirih sangat apresiasi dan optimis sekali untuk melestarikan kegiatan tersebut.

” Sepertinya kegiatan ini diterima dengan baik oleh warga saya mas, lihat sendiri mereka ramainya bukan main, meski jenis jajanan yang dijual adalah sederhana tapi mereka senang membeli jajan buatan saudara dan tetangganya sendiri, alhamdulillah sepertinya anak – anak mudapun berkumpul dan tidak tertarik untuk keluar ke mana – mana, ” ungkap Kades Mura’i.

Pada kali pertama kegiatan tersebut tampak kehadiran Kepala Desa yang lain dan keluarga, guru – guru, tokoh masyarakat ikut cangkrukan. Bahkan tak sedikit warga luar desa yang kebetulan melintas mampir di stan – stan yang tersedia sesuai seleranya masing – masing. ( Ted )

Komentar