oleh

Baznas Pultab Akan Di Rencanakan Mengusulkan Anggaran 2 Miliar lebih Ke Provinsi Malut

Berita Sidikkasus.co.id

TALIABU _ Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pulau Taliabu diresmikan & dilantik Tiga komisioner Yakni Ar.Buamona sebagai ketua ,wakil ketua I Abdul Hamid Mikaminan sebagai pengumpulan pendistribusian dan pendayagunaan ,wakil ketua II Yohan la Jarudin sebagai perencanaan, keuangan dan pelaporan, sumber daya manusia, administrasi dan umum .” berdasarkan keputusan bupati pulau Taliabu Nomor 107.b Tahun 2019 tentang pimpinan badan Amil Zakat Nasional kabupaten pulau Taliabu ( Pultab) 2019 – 2024 ,diresmikan &lantik pekan lalu.

“merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

* Mengkoordinasikan BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ dalam mencapai target-target nasional.

*Mengoptimalkan secara terukur pengumpulan zakat nasional.

* Mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemoderasian kesenjangan sosial.

*.Menerapkan sistem manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.

*.Menerapkan sistem pelayanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan zakat nasional.

*.Menggerakkan dakwah Islam untuk kebangkitan zakat nasional melalui sinergi ummat.

*.Terlibat aktif dan memimpin gerakan zakat dunia.

*.Mengarusutamakan zakat sebagai instrumen pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur.

*.Mengembangkan kompetensi amil zakat yang unggul dan menjadi rujukan dunia.

Ketua badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kabupaten Pulau Taliabu( Pultab), Ar.Buamona.BA, menyampaikan bahwa ,kami sudah buka kantor dari tanggal 13 Januari 2020 dengan jumlah 10 Orang pegawai honorer .” pegawai honorer ini akan kami gaji perbulan 1juta setengah .ungkap ketua Baznas Pultab diruang kerjanya Senin 17/02/2020 ,pukul 10.00 Wit.

lanjut, Ketua Baznas pulau Taliabu ,terkait dengan anggaran itu, kami sudah konsultasi sama sekertaris daerah ( Sekda) pulau Taliabu, bahwa anggaran baznas akan kami luncurkan sebesar 400 juta sekian . untuk itu kami dari Baznas mengajukan permohonan permintaan pencairan dikeuangan ,berdasarkan sisa anggaran dana hibah dari tahun 2019 kemarin , dan kalau anggaran itu sudah dicairkan di tahun 2020 ini , akan kami pergunakan untuk bayar gaji honorer dan belanja peralatan kantor ,belanja sewa bangunan kantor dan lain- lain nya , katanya.

” Nanti pengusulan Anggaran Tahun 2020 ini di perkirakan sebesar Rp 2 miliar lebih tetapi kami akan berkordinasi ke wilayah provinsi Maluku Utara,kalau anggaran yang kami usulkan ini di akomodir oleh provinsi ,nanti pengesahan nya ke pusat katanya.

Reporter : Jak

Komentar

News Feed