oleh

Basarnas Ternate Melaksanakan Uji Kompetensi Bagi Potensi Sar di Maluku Utara

Berita sidikkasus.co.id

Ternate – Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Ternate menggelar Uji Kompetensi (Ukom) bagi para Potensi Search and Rescue (SAR) yang ada di wilayah Maluku Utara.

Kegiatan dilaksanakan di lingkungan Gedung Serbaguna Basarnas Ternate yang terletak di Jalan Depot Pertamina, Kelurahan Jambula, Kota Ternate Selatan.

Adapun acara yang digelar 24-25 Februari 2020 tersebut diikuti 50 potensi SAR dari berbagai macam instansi dan organisasi SAR di Maluku Utara.

Uji Kompetensi HART sendiri, terdiri dari beberapa materi yang menjadi satu kesatuan penilaian yang diuji yaitu tes tertulis, simpul, ascending, anchoring, bellaying, serta Medical First Responder (MFR).

“Uji kompetensi yang kami gelar ini adalah bidang HART atau high angle rescue tehnique yakni bagaimana melakukan penyelamatan di ketinggian dengan teknik yang baik dan benar,” ujar Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Muhamad Arafah, S.H.

Lanjut dia, “dengan kegiatan tersebut, para Potensi SAR nantinya bisa menularkan keterampilan HART yang sudah diberikan, ” harapnya.

Sememtara itu, pihaknya akan selenggarakan secara bertahap sehingga nantinya diharapkan seluruh potensi SAR di wilayah Maluku Utara ini bisa menjadi potensi SAR yang berkompeten. (savi)

Komentar

News Feed