oleh

Antisipasi Genangan Air, TNI Pemdes dan Masyarakat Bersihkan Saluran Air

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG -Intensitas hujan di kabupaten Lumajang akhir akhir ini sangat tinggi, sehingga banyak kita temui genangan air.

Namun, saat drainase atau saluran irigasi itu dibersihkan, maka tidak akan pernah ada yang namanya aliran tersumbat.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa bersama perangkat desa beserta masyarakat desa Blukon ini.

Agar drainase dan aliran sungai lancar serta tidak tersumbat, dan tidak menyebabkan genangan air, Babinsa Blukon Koramil 0821/01 Lumajang bersama dengan perangkat desa dan masyarakat bergotong royong melaksanakan pembersihan drainase dan saluran irigasi, yang berada di Dusun Krajan RT 006 RW 002 Desa Blukon, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut Babinsa Blukon Sertu Roni Trisnawanto mengatakan, dalam menghadapi musim hujan kelancaran saluran air perlu dijaga, agar tidak meluap dan menggenangi jalan maupun pemukiman masyarakat.

Menurutnya, sebagai bagian dari aparat kewilayahan, selain melaksanakan tugas kemiliteran pihaknya juga harus dapat menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat disekitarnya.

“Dengan dilaksanakannya pembersihan saluran air ini, setidaknya dapat menanggulangi genangan air yang menutupi jalan, yang dapat membahayakan pengguna jalan, terutama saat turun hujan,” ujarnya.

Semetara itu Kepala Desa Blukon Unang Suroyo menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Babinsa dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan tersebut.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan pengertian dan motivasi kepada masyarakat, untuk selalu menjaga kelancaran saluran air agar tidak menyebabkan genangan air saat musim hujan.

“Atas nama Pemerintah Desa, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini, semoga dengan pembersihan ini, aliran air menjadi lebih lancar dan tidak terjadi lagi genangan air yang menutup jalan dan pekarangan warga,” pungkasnya.(Ria)

Komentar

News Feed