oleh

ACARA PERSIAPAN GINTANGAN FESTIVAL BAMBOO ( GBF )

-Tak Berkategori-83 views

BANYUWANGI – (JKN ) Jum,at 4/52018.Puncak Persiapan Gintangan Bambu Festival Vision Karnival Busana Bahan dasar bambu.

Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Akan punya gawe yaitu Fetival Anyaman Bambu atau Gintangan Bambu Festival ( GBF ). Pemerintah Desa Gintangan dalam hal ini 100 % berdayakan warganya untuk terlibat dalam kegiatan akbar yang dipastikan akan sedot perhatian pengunjung dalam dan luar negeri itu.

Kades Gintangan Rusdiana, hari ini ( H-1 ), bersama seluruh Crew panitia disibukkan persiapan terakhir pagelaran acara bisa dikata bertaraf Internasional itu. Putra – putri Gintangan pada gladeresi ini, memantabkan formasi tari dan formasi Vision Karnifal busana dari bahan bambu.

Kagiatan yang diperkirakan membutuhkan biaya yag tidak sedikit itu ternyata murni swadaya warga Desa Gintangan. Hal tersebut disampaikan kepada awak media oleh Kades Rusdiana disela kesibukannya.

” Ini murni swadaya masyarakat mas, saya dan Pemerintah Desa memfasilitasi apa yang menjadi keinginan masyarakat, mengangkat ketrampilan anyaman bambu yang sudah turun temurun. Bisa menjadi ketrampilan yang berefek positif pada ekonomi kerakyatan dan berkesinambungan bagi masyarakat Gintangan, ” tuturnya.

Untuk mensukseskan acara kata Kades Rusdiana, Pemdes Gintangan koordinasi dengan Pemerintah Daerah terutama Dinas terkait.

” Demi suksesnya kegiatan ini, Pemerintah Desa koordinasi dengan Pemerintah Daerah dinas terkait tentunya mas. Alhamdulillah Pemerintah Daerah menyambut positif dan mendukung keinginan warga Desa Gintangan mas, saya sangat berterima kasih sekali atas kehadiran kepedulian Pemerintah Daerah kepada saya dan warga saya mas, ” imbuhnya.

Benar apa yang disampaikan oleh Kades Rusdiana, selang beberapa menit tampak Kabag Hukum Pemerintah Daerah Hagni Ngesti Sriredjeki, Henny Kabag Sarpras beserta rombongan. Tentu kehadiran para petinggi Pemerintah Daerah ke Desa Gintangan, tak lain dalam rangka memastikan sejauh mana persiapan dan kesiapan panitia. Sekilas terkutip himbauan Kabag Hukum Hagni kepada Panitia.

” saya mohon dengan hormat besok kondisi sepanjang jalan area acara harus bersih, ” himbaunya, dilanjut memberikan arahan – arahan kepada unsur Panitia yang lainnya.

Dalam penyelenggaraan Festival Anyaman yang akan digelar tanggal 5 – 6 Mei 2018. Pada Sabtu tanggal 5 Mei kegiatan lomba mengayam bambu yang mana semua warga dilibatkan tanpa ketinggalan. Dan pada Minggu 6 Mei adalah puncak acara yaitu Karnival yang mana pesertanya mengenakan busana dari bahan bambu.

Ditambahkan oleh Kades Rusdiana bahwa untuk nanti malam tamu para penulis dari Rusia, India, Polandia, dan Ukraina memasuki Desa Gintangan. Kemudian di hari Minggu 6/5/2018 puncak acara, 12 Desiner international untuk Mahkotanya ikut Karnaval dan mengenakan busana dari negaranya masing – masing ( Heri ).

 

Komentar