oleh

115 CPNS Pemkot kota Probolinggo Hasil Rekrutmen Tahun 2018 Kini Resmi Jadi PNS

Berita Sidikkasus.co.id

Probolinggo – Berakhir sudah rangkaian kegiatan dan program Pelatihan Dasar (Latsar) yang diikuti oleh seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkot Probolinggo hasil rekrutmen tahun 2018. Hari ini, Senin (17/2), sebanyak 115 CPNS mengikuti prosesi pengambilan sumpah/janji jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin, di Gedung Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo.

Upacara pengambilan sumpah/janji itu merupakan agenda yang harus dipenuhi dalam tata kelola administrasi kepegawaian, sebagaimana telah diatur dalam Pasal 66 Undang-undang RI No. 5 Tahun 2019 tentang Aparatur Sipil Negara. Dan Pasal 39 Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS. Dimana pada kedua ketentuan itu, telah diamanatkan bahwa CPNS yang diangkat PNS wajib mengucapkan sumpah/janji.
Dalam sambutannya, Wali Kota Habib Hadi menekankan 2 hal yang menjadi esensi atau makna dari sumpah/janji PNS itu sendiri. Yakni tanggung jawab dan konsekuensi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban oleh seorang PNS. Selain itu, seorang ASN juga dituntut memiliki integritas dalam pelaksanaan tugasnya.
“Sumpah janji PNS itu merupakan pernyataan lahir batin yang wajib dipatuhi dan ditepati secara pribadi terhadap bangsa dan negara, utamanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu saya berharap, hayati sekaligus pahamilah makna dari sumpah janji yang saudara ucapkan. Sehingga sumpah janji itu bukan hanya menjadi pelengkap administrasi kepegawaian semata, namun lebih dari itu sebagai salah satu unsur dari ASN yang memikili integritas, profesionalitas, netralitas, bebas dari berbagai macam bentuk intervensi politik dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat,” katanya.
Dengan mengikuti sumpah/janji itu, lanjut Habib Hadi, para CPNS itu dapat merenung dan membuka kembali memori perjalanan hidup dalam meniti karier menjadi CPNS sampai mendapatkan kepercayaan untuk menduduki dan menyandang status sebagai PNS seperti saat ini. “Oleh karena itu, proses pengangkatan menjadi PNS ini merupakan awal karier yang harus disyukuri, dijaga dan dikembangkan,” ujarnya.

Disaksikan Sekda Kota drg Ninik Ira Wibawati dan Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan, acara yang berlangsung siang tadi berjalan dengan khidmat dan lancar. Bahkan di akhir acara, wali kota sempat bergurau dan membaur bersama PNS yang di hari itu juga menerima SK Pengangkatan CPNS menjadi PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo. (yul)

Komentar

News Feed